Yamaha

#GubernurTerbodoh Trending di Twitter, Anies Dibela

  Sabtu, 08 Februari 2020   Aldi Gultom

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Hari ini banjir kembali merendam sebagian DKI Jakarta. Setidaknya ada lebih dari 20 titik banjir di Jakarta, paling banyak dilaporkan di Jakarta Utara dan Jakarta Timur.

Setiap kali banjir melanda ibu kota ini sejak Januari lalu, media sosial Twitter selalu diramaikan tagar atau hashtag terkait bencana yang menyengsarakan warga itu. 

Dalam pantauan redaksi, #banjir menjadi salah satu trending topic di Twitter Indonesia. Sampai berita ini dilaporkan, sudah 14.100 tweet yang menyertakan tagar tersebut.

Namun, di banjir kali ini, ada tagar yang agak beda dan lebih tajam menohok Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. 

Tagar #GubernurTerbodoh sudah di-tweet sebanyak lebih dari 6.300 kali. Mayoritas isinya menghujat kinerja Anies Baswedan, beserta foto atau video dari lokasi banjir hari ini.

Tapi sejumlah netizen mengkritik penggunaan tagar tersebut karena dianggap tidak fokus pada masalah sebenarnya. Mereka menganggap persoalan sebetulnya adalah ketidakpedulian warga Jakarta dalam membuang sampah. Kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan adalah penyebab utama banjir berulang kali melanda Jakarta. 

Ada juga pengguna Twitter yang menyinggung faktor krisis iklim sebagai salah satu penyebab banjir.

Berikut ini adalah beberapa contohnya:

"Malah nyalahin pemerintah bukanya nyadar diri banjir ada ya karena ulah sendiri malah nyalahin sana sini, kadang kita perlu banyak-banyak bercermin diri," tulis akun @genius_B56

Kemudian, pengguna Twitter Farhatul Kamilah (@farhakamil) berpendapat lebih baik semua pihak fokus menyusun strategi bagaimana berhadapan dengan perubahan iklim. 

"THIS! serius deh, stop debating who to blame, using #GubernurTerbodoh hashtag or anything, and lets start to raising climate issues. climate change is real guyss. mending focus on how to deal with this, as simple as gak buang sampah sembarangan. kantongin ajadeh sampahnya," @farhakamil

Sementara, akun @wulanmaharanii1, menganggap tagar #GubernurTerbodoh tidak pantas karena yang paling bersalah terkait bencana banjir adalah masyarakat yang kerap membuang sampah sembarangan.

"Sekarang ada lagi #GubernurTerbodoh gara" ada banjir wkw gmn ya cok km aja msh buang sampah sembarangan makanya jd banjir:) masa ada banjir yg di salahin gurbernur-_- mau ada bangunan abc ada tanggul abc kl emg km msh goblok msh buang sampah sembarangan ya sama aja cok banjir trs," cuitnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar