Yamaha

Keren! Ford Rancang Jaket Komunikatif Antara Pemobil dan Pesepeda

  Selasa, 11 Februari 2020   Budi Cahyono
Ford emoji jacketyang menjembatani komunikasi antarpengguna jalan raya [screenshot YouTube Ford Europe].

AYOJAKARTA.COM – Ford Motor Company berinovasi dengan mengembangkan teknologi dengan menjalin komunikasi antara pengendara sepeda serta pengemudi mobil saat keduanya sama-sama menggunakan ruas jalan.

AYO BACA : Balitbangkes Ragukan Hasil Riset Universitas Harvard

Dikenal sebagai bagian dari kampanye "Share the Road", inilah yang disebut sebagai "WheelSwap". Dikutip dari rilis Ford Europe, "WheelSwap" memungkinkan pemobil dan pesepeda untuk saling melihat, dari dua sudut pandang yang berbeda serta usaha untuk saling memahami sehingga tidak terjadi kejadian fatal, seperti tabrakan, misalnya.

AYO BACA : Menteri Terawan Sebut Studi Corona di Harvard Penghinaan

Komunikasi non verbal seperti menunjukkan arah ke mana sepeda melaju, sampai memberikan ungkapan terima kasih, kini semuanya bisa dirangkum lewat jaket emoji ciptaan para pakar Ford Motor Company.

"Emoji telah menjadi bagian mendasar dari cara kita berbahasa, bukan? Ingin tertawa, sedih, sampai bercanda penuh sarkasme, semuanya diwakili emoji. Inilah bagian integral dari kita, untuk mengekspresikan diri secara kilat. Jaket ini dibuat dalam kemitraan Ford "Share The Road"," papar Dr. Neil Cohn PhD, asisten profesor Departemen Komunikasi dan Kognisi di Tilburg University, Belanda.

“Kita sekarang hidup dan mengemudi, di mana komunikasi sangat penting. Namun antara pengemudi dan pengendara, kerap ada bunyi klakson serta ketidakmengertian. Pesepeda perlu menggunakan tangan untuk menunjukkan arah. Ini bahaya. dan kini sudah ada "wakilnya": pakai saja jaket emoji, sehingga terpampang di bagian punggung: apa yang ingin diungkapkan kepada pengemudi mobil," tukas Emmanuel Lubrani, dari Ford Europe.

Dirancang dalam bentuk jaket yang nyaman dikenakan, busana ini tinggal dikenakan pesepeda lantas diaktivasi menggunakan remote nirkabel di setang sepeda. Operasionalnya, cukup sentuh tombol dan jaket akan memberikan informasi kepada para pengemudi mobil lewat emoji di punggung pengguna jaket ini.

AYO BACA : Gibran Optimistis Kantongi Rekomendasi dari PDIP

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar