Kepala BPIP Sebut Agama Musuh Terbesar Pancasila, Rizal Ramli: Wah Offside Full

  Rabu, 12 Februari 2020   Widya Victoria
Kepala Badan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Tokoh perubahan, Rizal Ramli turut menyoroti pernyataan Kepala Badan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi bahwa agama menjadi musuh terbesar Pancasila. 

Rizal mengkritik pernyataan Yudi itu sudah kelewatan.

"Wah.. wah offset full? Apa ini yang disebut agent provocateur? Supaya lupakan masalah-masalah riil yang dihadapi rakyat??" cuit ekonom kawakan itu melalui akun Twitter-nya @RizalRamli, Rabu (12/2/2020) yang terpantau Ayojakarta.

Yudian Wahyudi sebelumnya mengatakan, ada kelompok yang mereduksi agama sesuai kepentingannya sendiri yang tidak selaras dengan nilai-nilai Pancasila. Menurut dia, hal itu berbahaya. 

"Si minoritas ini ingin melawan Pancasila dan mengklaim dirinya sebagai mayoritas. Ini yang berbahaya. Jadi, kalau kita jujur, musuh terbesar Pancasila itu ya agama, bukan kesukuan," papar Yudian

Lebih lanjut rektor Universitas Islam Negara (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta, itu mengatakan, NU dan Muhammadiyah mendukung Pancasila, dan tak pernah memaksakan kehendak.

Konsep Pancasila sebagai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara yang majemuk seperti Indonesia, kata Yudian, merupakan anugerah terbesar dari Tuhan.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar