Yamaha

Ternyata, Robot Pemadam Sudah Dibeli Tahun Lalu dari Kroasia Seharga Rp 34 Miliar

  Rabu, 12 Februari 2020   Aldi Gultom
Uji coba robot pemadam kebakaran dilakukan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Timur di halaman kantor Pusdiklat Gulkarmat, kawasan Ciracas. (Beritajakarta.id/Nurito)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Ternyata, robot pemadam kebakaran yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta sudah dibeli sejak tahun 2019.

Pemprov membeli robot pemadam kebakaran itu dari Kroasia yang harga satu unitnya sekitar Rp 34 miliar.

"Kami sudah punya itu (robot damkar) tahun kemarin," ujar Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, Satriadi Gunawan, Rabu (12/2/2020).

Meski robot itu sudah dibeli tahun lalu, pihak Gulkarmat DKI masih belum mengoperasikannya untuk operasi pemadaman kebakaran di ibu kota.

AYO BACA : Robot Pemadam Kebakaran Diuji Coba di Jakarta Timur

Saat ini masih dilakukan pelatihan kepada anggota Damkar, seperti mekanik dan operator, agar bisa menggunakan robot dengan lancar.

"Itu kan dilatih sama dari luar negerinya, dari Kroasia, dia harus meyakinkan bahwa barangnya itu benar-benar matang. Nanti akan repot dia kalau seandainya operasionalnya tidak benar," jelasnya.

Ia pastikan, robot pemadam api itu terus disiagakan agar sewaktu-waktu bisa dioperasikan jika dibutuhkan. Sambil berkelakar, Satriadi menyatakan akan lebih baik jika robot pemadam itu tidak digunakan.

"Jangan sampai dioperasikan. Kalau dioperasikan berarti ada kebakaran dong. Kalau bisa jangan," ungkapnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar