Yamaha

Ternyata, Harga Robot Pemadam Asal Kroasia Rp 32 Miliar

  Kamis, 13 Februari 2020   Aldi Gultom
Uji coba robot pemadam kebakaran dilakukan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Timur di halaman kantor Pusdiklat Gulkarmat, kawasan Ciracas. (Beritajakarta.id/Nurito)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Harga robot pemadam yang dibeli Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta dari Kroasia dikoreksi.

Kepala Dinas Gulkarmat DKI, Satriadi Gunawan, mengatakan, harga untuk satu unit mesin bernama MVF-5 U3 itu adalah Rp 32 miliar. Sebelumnya pemberitaan berbagai media menyebut harga robot itu mencapai Rp 37,4 miliar.

"Harganya Rp 32 miliar," kata Satriadi di Kantor Gulkarmat DKI, Jakarta Pusat, Kamis (13/2/2020).

AYO BACA : Ternyata, Robot Pemadam Sudah Dibeli Tahun Lalu dari Kroasia Seharga Rp 34 Miliar

Dikutip dari Kompas.com, Satriadi menyatakan harga Rp 37,4 miliar di situs web lpse.jakarta.go.id merupakan pagu anggaran pengadaan robot buatan Kroasia tersebut. 

Ia menjelaskan, mesin pemadam kebakaran ini dibutuhkan Jakarta untuk bekerja di medan sulit, seperti di fasilitas terowongan Moda Raya Terpadu (MRT). Sangat berbahaya jika petugas Damkar diturunkan langsung dalam penanganan kebakaran di medan seperti terowongan MRT. Sementara, mesin ini bisa menggantikan petugas dan dioperasikan dari jarak jauh.

"Karena ini kan menggunakan remote control, berjarak antara 500 meter sampai 1 Km. Jadi risiko saat operasional bisa berkurang dari risiko nyawa mereka," jelasnya.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar