Yamaha

Sudah Pasti Gunakan Kawasan Monas, Ini Rute Balap Formula E

  Jumat, 14 Februari 2020   Aldi Gultom
Foto: @FIAFormulaE

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Komisi Pengarah (Komrah) Pembangunan Kawasan Medan Merdeka sudah mengizinkan Pemprov DKI Jakarta menggunakan lahan Monas untuk ajang balapan Formula E tahun ini.

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Dwi Wahyu Daryoto, memastikan pembangunan infrastruktur dan fasilitas balap Formula E di Monas tetap berjalan. 

"Untuk infrastruktur saat ini sudah on going, terutama untuk pembuatan barrier. Ini mengikuti desain yang sudah ada dalam pengawasan tim internasional. Termasuk paddock, lintasan dan infrastruktur IT-nya, karena ini akan di-broadcast ke 140 negara," kata Dwi Wahyu dalam konferensi pers tadi siang di kawasan Cikini, Jakarta Pusat.

Sesuai rencana, jalur perlintasan mobil balap listrik harus selesai 60 hari sebelum hari penyelenggaraan atau 6 Juni 2020. Berarti, pengaspalan lintasan Formula E sudah bisa dimulai pada Maret 2020.

"Aspal yang digunakan untuk perlintasan nanti akan sesuai dengan standar dari Formula E Organization (FEO). Nantinya FEO juga turut membantu dalam mengukur kualitas lintasan," ujar Dwi.

Titik start balap akan berada di depan Kantor Gubernur DKI Jakarta atau Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan. Panjang lintasan sirkuit di sekitar Monas adalah 2,588 kilometer berputar searah jarum jam dan memiliki 12 tikungan, dengan rincian 8 tikungan ke kanan dan 4 ke kiri.

Dwi menjamin, ajang FIA Formula E Championship tidak akan merusak kawasan cagar budaya Monas. Menurutnya, penetapan kawasan Monas sebagai lintasan balap adalah bagian dari pemanfaatan cagar budaya yang juga diatur UU. 

"Ini adalah satu harmoni antara tradisi dan teknologi. Yang penting komitmen kita tidak merusak cagar budaya ini, itu tidak bisa ditawar-tawar lagi," imbuhnya.

Dalam video yang diputar saat media briefing, terlihat bahwa titik start ada di depan Balai Kota Provinsi DKI Jakarta, kemudian para pembalap memasuki kawasan Monas melalui pintu masuk silang Barat Daya Monas dekat Patung Kuda Arjuna Wiwaha.

Rute berlanjut ke Pelataran Barat Tugu Monas yang disiapkan untuk memutar balik ke arah Pelataran Selatan berlanjut ke kawasan timur dan tenggara Monas. Usai melewati kawasan timur Monas, para pembalap akan kembali melewati kawasan Medan Merdeka Selatan tepat di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, kemudian kembali melewati Balai Kota.

Titik di depan Pelataran Selatan Monas akan menjadi titik penentuan pemenang (finish). 

Jalur yang dipublikasikan itu sama persis dengan rancangan yang dikirimkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, kepada Komisi Pengarah Pembangunan Kawasan Medan Merdeka pada Rabu (12/2/2020) lalu.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar