Tak Ada Pembalap Indonesia di Formula E

  Minggu, 16 Februari 2020   Fitria Rahmawati
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri) dan Co-Founder & Chief Championship Officer of Formula E, Alberto Longo, saat acara peresmian Formula E Jakarta 2020 di kawasan Monas, Jakarta, Jumat (20/9/2019). [Suara.com/Fakhri Fuadi Muflih]

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM - Tak ada pebalap asal Indonesia yang ikut bertarung dalam ajang Formula E yang digelar di Monas 6 Juni mendatang. Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Sadikin Aksa mengatakan, tak ada pembalap Indonesia karena perhelatan itu untuk pembalap profesional bukan pembalap binaan.

AYO BACA : Sudah Pasti Gunakan Kawasan Monas, Ini Rute Balap Formula E

Sadikin menegaskan, di Indonesia ada dua pebalap yang masuk ke dalam kategori platinum driver, yakni Rio Haryanto dan Sean Gelael. Keduanya disebut harusnya bisa mengikuti ajang sekala internasional tersebut.

AYO BACA : Sosok Shin Tae Yong Menurut Irfan Bachdim

"Kita harus akui, di Indonesia ini ada dua pembalap yang berlabel platinum driver. (Pebalap) platinum Formula E itu ada Rio Haryanto, ada Sean Gelael," kata Sadikin, dalam diskusi bertajuk 'Menghitung Formula Ekonomi-Sosial dari Formula E Jakarta', di kawasan Asia-Afrika, Senayan, Jakarta, Sabtu (15/2/2020).

Sadikin menjelaskan ada 12 tim yang akan berlomba di atas aspal itu yang memiliki satu keinginan yang sama yakni menjuarai ajang tersebut. Otomatis masing-masing tim akan memilih pebalap yang terbaik untuk berlomba.

"(Dua pebalap Indonesia) Ini bisa. Tapi balik lagi, apakah timnya mau milih apa enggak? Yang punya tim, mobil ini, mau enggak? Karena kalau memang kompetensinya bagus, pasti akan dipilih," ujarnya.

Sadikin pun menjelaskan alasan lainnya, mengapa dua pebalap nasional tersebut tidak bisa ikut Formula E, yakni lantaran persiapannya yang sangat singkat. Namun ia tidak menampik kalau Rio Haryanto dan Sean Gelael bisa saja mengikuti ajang Formula E berikutnya.

AYO BACA : Shin Tae Yong Perdana Latihan dengan Timnas Senior

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar