Yamaha

Waketum Gerindra: Virus Corona Sudah Menjangkit Sofware Ekonomi Nasional

  Senin, 17 Februari 2020   Widya Victoria
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Arief Poyuono (Antaranews)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Industri-industri di Provinsi Hubei, tempat diduga kuat asal wabah virus corona atau covid-19 masih belum aktivitas sejak liburan tahun baru dan Imlek 2020. Begitu juga dengan provinsi-provinsi lainnya di China. 

Kondisi ini tentu saja akan memberikan dampak menurunnya PDB di China pada kuartal pertama 2020 hingga mencapai 1,28 persen.

Pertumbuhan ekonomi China yang diprediksi pada kisaran enam persen tahun ini berpotensi turun menjadi 4,5-5 persen nantinya. 

"Melambatnya pertumbuhan ekonomi China ini juga berdampak bagi negara lain. Indonesia dampak yang paling besar jika dibandingkan negara lain karena China merupakan tujuan utama ekspor Indonesia,"kata Wakil Ketua Umum DPP Gerindra, Arief Poyuono.

Arief menyebutkan, saat ini 20 persen tujuan ekspor Indonesia adalah China. Ekspor ke China meningkat drastis dari sisi nilai dan volume. Komoditas yang diekspor ke China antara lain batu bara, karet, nikel dan minyak sawit.

"Tragedi Grey Rhinos, Black Swan (krisis hutang ) serta wabah Covid-19 menjadi faktor yang sangat besar dalam mempengaruhi berkurangnya ekspor Indonesia ke China," imbuhnya. 

Akibat ekspor menurun, menurut dia, otomatis akan berdampak pada makin loyonya nilai kurs rupiah terhadap dolar AS. Begitu juga di sektor pembiyaaan proyek infrastruktur dan masuknya investasi dari China, Arief memperkirakan akan banyak ditunda nantinya. Bahkan dimungkinkan akan banyak investor China yang menanamkan investasinya di pasar keuangan Indonesia balik kampung. 

"Nah Joko Widodo harus mempersiapkan contengency plan untuk bisa terhindar dari krisis ekonomi.. Karena virus pelemahan ekonomi sudah menyerah software-software perekonomian nasional seperti menurunnya industri pariwisata, pusat perbelanjaan ,restoran, industri jasa penerbangan yang mengandalkan turis dari China," pungkas politisi yang akrab disapa Mas Poyu ini.  

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar