Liu Zhiming, Dokter Ke-2 Meninggal karena Wabah Corona di China

  Selasa, 18 Februari 2020   Widya Victoria
Liu Zhiming, Direktur Rumah Sakit Wuchang, Wuhan, China. (Daily Mail/Red Star)

WUHAN, AYOJAKARTA.COM -- Kepala rumah sakit terkemuka di pusat kota Wuhan, China, dilaporkan televisi pemerintah setempat, telah meninggal akibat virus corona, Selasa (18/2/2020). 

Liu Zhiming, direktur RS Wuchang, Wuhan, meninggal pada pukul 10.30 pagi waktu setempat, seperti dilansir dari Reuters. Ia menjadi dokter China terkemuka kedua yang menyerah pada patogen.

Awal bulan ini, jutaan orang di Cina berduka atas kematian Li Wenliang, seorang dokter yang sebelumnya ditegur karena mengeluarkan peringatan dini tentang coronavirus.

Puluhan ribu pekerja medis telah berjuang untuk menahan penyebaran virus corona, yang diyakini pertama kali muncul di pasar makanan laut di Wuhan, ibukota provinsi pusat Hubei.

Sempat ada kebingungan terkait kondisi Liu. 

Pada Senin (17/2/2020) malam, departemen propaganda Partai Komunis Komisi Kesehatan Hubei menulis di media sosial bahwa Liu telah meninggal.

Namun tak lama posting-an berikutnya menyebut Liu masih hidup.

"Menurut kerabat Liu, rumah sakit masih berusaha yang terbaik untuk menyelamatkannya," kata komisi dalam postingan kedua.

Komisi kesehatan berdalil informasi yang salah sebelumnya berasal dari teman baik Liu yang tidak mengetahui situasi terkini.

Menurut New York Post, Liu Zhiming sempat dikabarkan kritis dan meninggal. Menurut Post, media China The People's Daily awalnya melaporkan bahwa Liu meninggal, namun kemudian menghapus berita itu dari Twitter-nya.

Terkini jumlah korban wabah virus korona di China melonjak menjadi 1.868 pada Selasa (18/2/2020), setelah 98 orang lagi meninggal. 

Seorang pejabat senior kesehatan China mengatakan pada hari Jumat bahwa 1.716 petugas kesehatan telah terinfeksi virus Covid-19 jenis baru itu dan enam di antaranya meninggal. 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar