Yamaha

Uji Kelayakan Cawagub Dilakukan dengan Tanya Jawab Secara Terbuka

  Selasa, 18 Februari 2020   Aldi Gultom
Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari Partai Gerindra, Mohammad Taufik. (Republika)


JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Selain mekanisme voting tertutup, Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) DPRD DKI menyepakati uji kelayakan terhadap calon Wagub dilaksanakan melalui mekanisme dialog atau tanya jawab di forum paripurna yang dilaksanakan secara terbuka.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, Mohammad Taufik, usai Rapimgab hasil evaluasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI terhadap Rancangan Peraturan Tatib DPRD dan mekanisme pemilihan Wakil Gubernur, di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Keputusan pimpinan DPRD yang diambil hari ini mengacu pada hasil Pansus DPRD periode sebelumnya yang menyepakati pemilihan dilakukan dengan voting tertutup.

"Untuk uji kelayakan terhadap calon Wagub dilaksanakan melalui mekanisme dialog atau tanya jawab di forum paripurna yang dilaksanakan secara terbuka," terangnya.

Uji kelayakan terhadap dua kandidat, Riza Patria (Gerindra) dan Nurmansyah Lubis (PKS), akan dilakukan sebelum agenda pemilihan Wagub. Namun, hanya anggota DPRD yang berhak mengajukan pertanyaan kepada dua Cawagub untuk menggali lebih dalam pemikiran kandidat. DPRD tidak melibatakan pihak ahli dari luar.

Sebelumnya ia mengatakan, pimpinan DPRD DKI Jakarta akan bersurat kepada masing-masing fraksi agar mereka memutuskan perwakilan yang diajukan sebagai Panlih Wagub DKI Jakarta.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar