Yamaha

ToTok Kembali Dihapus Google Play Store

  Kamis, 20 Februari 2020   Fitria Rahmawati
Logo Google Play Services. [Shutterstock]

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM - Aplikasi chat dan video Totok dihapus dari Google Play Store dan AppStore. ToTok memicu kontroversi pada Desember tahun lalu, setelah surat kabar Amerika Serikat, The New York Times melaporkan bahwa aplikasi tersebut rupanya adalah alat spionase pemerintah Uni Emirat Arab. Padahal, aplikasi tersebut juga sudah didepak dari Google Play Store Desember 2019 lalu.

AYO BACA : Harga Rp1,7 Juta, Ini Spesifikasi Realme C3

Selain The New York Time, laporan yang sama juga membeberkan bahwa Breej Holding - perusahaan rintisan di balik ToTok - yang berkantor di Abu Dhabi dan Singapura adalah nama lain dari DarkMatter, sebuah firma peretas yang berisi mantan pejabat intelijen Uni Emirat Arab, bekas anggota badan rahasia AS (NSA), dan eks agen mata-mata militer Israel.

AYO BACA : Waduh! Ponsel Seharga Rp21 Juta Ini Bermasalah

Tak lama setelah berita itu terbit, Google menghapus ToTok dari Google Play Store. Langkah itu juga diikuti oleh Apple, yang menghapus aplikasi tersebut dari AppStore. Aplikasi tersebut usai diluncurkan pada 2019 langsung menjadi populer. Bahkan, jutaan warga di negara Timur Tengah sudah mengunduhnya. Popularitas tersebut juha mulai naik di wilayah Amerika.

Tetapi, dua pekan setelah dihapus, ToTok kembali muncul di Google Play Store. Aplikasi itu sudah memperbarui diri, dengan menambahkan permintaan izin untuk bisa mengakses daftar nomor telepon pengguna.

Google, untungnya, dengan cepat segera menghapus aplikasi tersebut. Belum diketahui mengapa ToTok dihapus untuk kedua kalinya oleh Google. Diduga, ada syarat dan aturan yang dilanggarnya.

Apple sendiri tampaknya lebih serius soal keamanan dibanding Google. Setelah dihapus pada Desember lalu, ToTok sampai saat ini belum muncul lagi di AppStore.

AYO BACA : Tak Setuju Iklan Politik di Facebook, George Soros Desak Mark Zuckerberg Mundur

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar