Mahfud Usul Polsek Tak Berwenang Menyidik Perkara, Ketua MPR Angkat Bicara

  Kamis, 20 Februari 2020   Widya Victoria
Ketua MPR, Bambang Soesatyo (Ayojakarta.com)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD mengusulkan agar Kepolisian Sektor (Polsek) tidak lagi memiliki wewenang untuk melakukan penyelidikan dan penyidikan, tetapi tetap menjalankan fungsi sebagai pengayom, pemeliharaan keamanan, serta ketertiban masyarakat.

Menanggapi usulan tersebut, Ketua MPR, Bambang Soesatyo mengatakan, Menkopolhukam perlu duduk bersama kepolisian untuk membahas dan mengkajinya dengan matang mengingat berdasarkan UU 2/2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia bahwa kewenangan penyelidikan dan penyidikan sampai di tingkat Polsek.

Bambang juga mengingatkan, Menkopolhukam bersama Polri untuk memperhatikan sisi sosiologis maupun yuridis dari usulan tersebut, agar penerapannya dapat sesuai dengan kebutuhan institusi bersangkutan.

"Keberadaan Polsek merupakan perpanjangan tangan Polri ke lingkup masyarakat, baik di tingkat kelurahan maupun pedesaan, agar penegakan hukum dapat bersifat menyeluruh hingga ke seluruh kalangan masyarakat," kata Bambang. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar