Penemu Shortcut-Copy Paste Meninggal Dunia

  Kamis, 20 Februari 2020   Budi Cahyono
Larry Tesler (dok Twitter)

AYOJAKARTA.COM – Siapa penemu shortcut copy-paste yang sudah sangat akrab bagi dunia teknologi di dunia? Mungkin Anda mengernyitkan dahi dan tidak tahu sosok di balik penemunya.

Ya, sang penemu shortcut copy-paste adalah Larry Tesler, dikabarkan meninggal dunia pada Senin (17/2/2020). Kabar tersebut seketika meninggalkan duka cita mendalam bagi dunia teknologi.   

Berpulangnya laki-laki bernama asli Lawrence Gordon Tesler tersebut mulanya dikabarkan lewat unggahan akun Twitter Xerox, perusahaan tempat Larry bernaung, Rabu (19/2/2020).

"Penemu 'cut, copy & paste, find & replace' peneliti Xerox Larry Tesler, hari kerjamu lebih mudah berkat ide revolusionernya. Larry meninggal pada Senin, jadi tolong bergabung untuk menghormatinya," demikian cuitan Xerox.

AYO BACA : Sudah 3 Warga Rusia di Kapal Diamond Princes Kena Corona a

Dikutip dari Aljazeera, Kamis (20/2/2020), Larry meninggal di usia 74 tahun. Banyak kontribusi yang diberikan Larry semasa hidupnya di bidang teknologi.

Pada tahun 1973, Larry dan koleganya Tim Mott mengembangkan fungsionalitas copy & paste untuk mempermudah penggunaan komputer agar lebih mudah dan lebih interaktif.

"Tesler menciptakan ide 'cut, copy & paste' dan menggabungkan pelatihan ilmu komputer dengan visi tandingan bahwa komputer seharusnya berguna untuk semua orang," tulis Computer History Museum.

Tiga perintah itu kemudian diadaptasi oleh raksasa teknologi Apple setelah dimasukkan dalam perangkat lunak komputer Lisa pada 1983 yang kemudian dilanjutkan ke Macintosh di tahun berikutnya.

AYO BACA : Gagal Kalahkan Persebaya, Persija Runner-up Piala Gubernur Jatim 2020

Sejumlah shortcut tersebut hingga kekinian terbukti meringankan pekerjaan manusia dalam mengoperasikan komputer.

Semasa hidup, Larry tercatat pernah bekerja di Apple pada 1980 setelah keluar dari perusaahan Xerox. Ia pun menghabiskan waktu selama 17 tahun di perusahaan tersebut hingga mendapat predikat sebagai ilmuwan.

Selepas itu, lulusan Standford University tersebut fokus mengembangkan bidang startup di perusahaan Amazon dan Yahoo.

Selain dikenal sebagai penemu fungsi 'copy, cut & paste' Larry sempat menjadi pemimpin penelitian mengenai pengembangan Apple Newton yang menjadi pendahulu komputer tablet. Ia juga menjadi pencetus istilah peramban atau penjelajah web kode Smalltalk.

Meski Larry telah berpulang, ia akan tetap dikenang sebagai penemu inovatif yang meringankan beban banyak orang.

AYO BACA : Erick Thohir Tunjuk Agus DW Jadi Komisaris Utama BNI

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar