Satgas Pamtas RI-PNG Berjalan Hingga 15 Km untuk Obati Warga

  Jumat, 21 Februari 2020   Widya Victoria

PEGUNUNGAN BINTANG, AYOJAKARTA.COM -- Satuan  Penugasan Pengamanan Perbatasan, Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 509/Kostrad tidak hanya melaksanakan patroli keamanan, tetapi juga patroli kesehatan keliling untuk menjaga serta mengobati masyarakat yang menderita sakit.

Seperti dilakukan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 509 Kostrad Pos Okbibab dengan berjalan kaki sekitar 12 kilometer (km) melewati gunung dan sungai untuk melakukan patroli kesehatan keliling kepada Masyarakat di Kampung Oksemar, Distrik Okbibab, Kabupaten Pegunungan Bintang pada Jumat (21/02/2020).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Danpos Okbibab Letda inf Wisnu Adityara bersama lima orang anggota dan dua orang anggota kesehatan.

"Kampung yang kita datangi ini tidak ada fasilitas kesehatan dan jika ingin berobat harus berjalan menuju kampung Abmisibil yang jaraknya sekitar kurang lebih 1,5 km dan melewati sungai," kata Danpos. 

Ia menambahkan, patroli pelayanan kesehatan ini merupakan bentuk kepedulian TNI terhadap masyarakat Kampung Oksemar yang masih minim terhadap pelayanan kesehatan. 

"Di samping itu kebiasaan masyarakat yang masih tidak mau dirawat inap jika mengalami sakit, karena jarak yang cukup jauh serta tidak adanya akses  transportasi darat," imbuhnya.

Lebih lanjut Danpos menerangkan, kegiatan patroli kesehatan keliling dimulai dengan anjangsana mendatangi rumah-rumah masyarakat yang ingin berobat dan mengalami sakit.

"Saya bersama anggota yang lain merasa sangat senang ketika melihat masyarakat sangat antusias ketika tim kesehatan kami datang ke kampung mereka," tambah Danpos.

Kepala Kampung Oksemar, Rikardus Uropmabin menyampaikan terima kasih atas kepedulian TNI. 

"Saya selaku kepala kampung sangat berterima kasih atas kepedulian Bapak TNI yang sudah rela jauh-jauh datang untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di kampung ini," ungkapnya. 

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar