2 Pasien Virus Corona di Kapal Diamond Princess Meninggal Dunia

  Jumat, 21 Februari 2020   Editor
Kapal pesiar Diamond Princess

TOKYO, AYOJAKARTA.COM -- Dua penumpang kapal pesiar Diamond Princess yang terinfeksi virus corona jenis baru, covid-19 dinyatakan meninggal dunia.

Dua korban meninggal merupakan warga negara Jepang yaitu seorang lelaki berusia 87 dan perempuan berusia 84 tahun. Korban keluar dari kapal untuk dilarikan ke rumah sakit pada 11 dan 12 Februari 2020 lalu.

Keduanya diketahui positif terinfeksi virus covid-19, meski korban perempuan terkonfirmasi meninggal dunia karena pneumonia, tulis Kementerian Kesehatan Jepang.

"Saya berdoa untuk jiwa mereka dan menghaturkan belasungkawa kepada keluarga korban yang telah meninggal. Keduanya telah dilarikan ke rumah sakit ketika menunjukan gejala. Saya percaya bahwa mereka telah mendapatkan perawatan sebaik mungkin," kata Menteri Kesehatan Jepang, Katsunobu Kato, seperti dilansir dari Dailymail.

Ini merupakan kasus fatal pertama dari 600 lebih kasus positif virus corona jenis baru di kapal tersebut.

Total terdapat 634 penumpang yang terinfeksi di kapal pesiar Diamond Princess. Kini kapal tengah bersandar di lepas pantai Yokohama, Jepang, sejak 3 Februari lalu dan tengah dalam masa karantina.

Di sisi lain, banyak ahli mengecam proses karantina di kapal pesiar Diamond Princess dan menganggapnya 'kegagalan besar' serta 'sama sekali tidak memadai'. Kapal juga dianggap sebagai sumber infeksi karena di dalam kapal tedapat 3700 orang dari berbagai bangsa.

Sekitar 443 penumpang telah turun dari kapal, dinyatakan sehat dan negatif virus corona covid-19. Sisa penumpang lainnya akan diizinkan keluar secara bergelombang selama dua hari ke depan.

Penumpang yang sempat sekamar dengan orang positif virus corona covid-19, akan tetap dikarantina sampai benar-benar negatif. Salah satunya adalah para kru kapal pesiar termasuk puluhan Warga Negara Indonesia yang bekerja sebagai kru kapal.

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar