Amankah Penderita Diabetes Mengonsumsi Kurma?

  Jumat, 21 Februari 2020   Budi Cahyono
Ilustrasi

AYO BACA : Ronaldo Jatah Georgina Rp2,4 Miliar Perbulan

AYO BACA : 480 Ribu Ton Bumbu Rendang Diekspor ke Arab Saudi

AYOJAKARTA.COM -- Kurma adalah salah satu buah yang kaya akan nutrisi. Mulai dari protein, karbohidrat, serat, lemak, kalsium, zat besi, vitamin A hingga vitamin C.

Meski demikian, kurma juga memiliki nilai kalori yang lebih tinggi dibanding buah-buahan kering lainnya. Untuk itu, amankah penderita diabetes mengkonsumsi kurma?

Sebagaimana dilansir dari Boldsky, Jumat (21/2/2020), sebuah penelitian yang diterbitkan pada 2002 menunjukan bahwa mengkonsumsi kurma terbukti bermanfaat dalam mengontrol glikemik dan lipid pada penderita diabetes. Keterangan serupa juga dimuat dalam sebuah studi di Nutrition Journal (2011),dimana kurma dapat memberi manfaat kesehatan bagi penderita diabetes bila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dan dibarengi diet seimbang.

Penelitian tersebut dilakukan untuk mengetahui besaran indeks glikemik dari lima varietas kurma. Hasilnya menunjukan bahwa ketika penderita diabetes makan kurma, kadar glukosa postprandial mereka tidak meningkat.

Selain itu, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Clinical and Experimental Medicine, kurma dapat membantu mengatur gula darah karena indeks glikemik, antioksidan, dan serat yang rendah. Dengan demikian, makan kurma sebenarnya dapat bermanfaat bagi penderita diabetes.

Studi lain yang dipublikasikan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry menunjukkan efek positif kurma pada kadar glukosa darah. Penelitian ini melibatkan 10 orang yang diminta mengkonsumsi 100 gram kurma setiap hari selama 4 minggu. Hasilnya, tidak ada gula darah atau trigliserida yang meningkat. =

Meski demikian, menurut American Diabetes Association, penderita diabetes harus berhati-hati dengan ukuran porsi mereka saat mengkonsumsi kurma. Orang dengan diabetes dapat mengkonsumsi maksimal 2-3 buah kurma per hari selama mereka mempertahankan kebiasaan makan yang sehat. (Nur Khansa Ranawati)

 
 

AYO BACA : Datang ke Tegal Wajib Cicipi Satai Sidjan, Satai Ayam Khas Tegal

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar