Yamaha

Nurmansjah Dianggap Cocok Dampingi Anies, Piawai Kelola Anggaran

  Minggu, 23 Februari 2020   Khoirur Rozi
Yayat Supriatna (paling kiri) (Ayojakarta.com/Khoirur Rozi)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Wakil gubenur DKI Jakarta sebaiknya dijabat oleh sosok yang memahami politik anggaran.  Dengan anggaran DKI yang cukup besar, tentu dibutuhkan kepiawaian pendamping gubernur dalam mengelola anggaran.

"Kami waktu itu memberikan masukan, yang paling dibutuhkan adalah minimal orang yang paham tentang politik anggaran. Karena problematik yang jelas terlihat sekarang nih masalah anggaran kayak aibon, ribut yang lain sebagainya soal administratif," kata pengamat tata kota, Yayat Supriatna  dalam acara diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (22/2/2020).

Menurut Yayat, sosok wagub demikian sangat dibutuhkan mengingat berbagai persoalan anggaran yang ada di Pemprov DKI. Artinya, pendamping Anies Baswedan nantinya harus mampu mengambil peran dari sisi administratif.

"Kalau gubernur nya jago narasi, wakilnya harus orang yang kerja ya. Saya mengatakan bahwa saat ini gubernur harus dibackup. Agar tidak ada polemik yang terlalu panjang. jadi ada banyak problem di lapangan yang membuat sosok wagub ini dibutuhkan saat ini," jelasnya.

Di antara dua calon wagub yang ada, Yayat secara pribadi menilai Nurmansjah cocok mendampingi Anies. Dia berpendapat, sosok yang diusung PKS ini memiliki latar belakang akuntan sehingga mampu mem-backup Anies dari sisi administratif. Satu lagi calon dari Gerindra, Ahmad Riza Patria.

"Karena DKI butuh yang bisa memback-up anggaran. Anggaran DKI yang dikelola ini sangat besar, karena implikasinya pada kinerja. Penyerapan anggaran di tiap SKPD target RKPD nya bagaimana, RPJMD, jadi wakil gubernur adalah memantau, mengevaluasi, mengingatkan," katanya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar