Yamaha

Malaysia Mulai Batasi Pengunjung dari Korea Selatan

  Sabtu, 29 Februari 2020   Aldi Gultom
Coronavirus atau COVID-19. (Getty Images)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Negeri jiran Malaysia mulai membatasi untuk sementara semua kedatangan pengunjung dari Korea Selatan. 

Pembatasan dilakukan karena berita terakhir menunjukkan wabah virus Corona berkembang sangat cepat di Korsel. 

Kemarin sore waktu setempat, otoritas Korsel melaporkan ada 571 kasus baru Corona dalam sehari. Namun, kabar pagi ini yang dikutip redaksi dari akun twitter @spectatorindex, sudah ada 594 kasus Corona di negeri ginseng tersebut.

Malaysia juga membatas kedatangan warga negara asing yang pernah berada di Daegu dan daerah Cheongdo dalam tempo 14 hari sebelum tiba ke Malaysia.

Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) mengemukakan hal tersebut melalui siaran pers di Putrajaya, Jumat (28/2/2020). 

Pelarangan tersebut merupakan keputusan dari Musyawarah Tim Kerja Kluster Covid-19 bersama berbagai lembaga melibatkan KKM, Kementerian Luar Negeri (KLN), KDN (Kementerian Dalam Negeri), JIM (Imigrasi) dan lembaga lain yang telah meneliti status terkini Corona di seluruh dunia dan di Malaysia.

Pembatasan tersebut termasuk pengunjung yang transit melalui Malaysia. Warga negara Malaysia, penduduk tetap dan pemegang pas atau surat izin tinggal (pas lawatan sosial jangka panjang dan pas pelajar) yang pernah berada di Daegu dan daerah Cheongdo dalam tempo 14 hari sebelum tiba ke Malaysia perlu menjalani uji kesehatan oleh Kementerian Kesehatan Malaysia.

Juga dilakukan penyediaan konter khusus di pintu-pintu masuk internasional negara oleh Kantor Imigrasi Malaysia (JIM) untuk pengunjung dari Korea Selatan, Jepang, Italia dan Iran.

Mereka meminta rakyat Malaysia menangguhkan perjalanan ke wilayah-wilayah yang termasuk kawasan wabah Corona di Republik Rakyat China dan Korea Selatan, Jepang, Italia dan Iran.

Sementara itu, di Malaysia sudah terjadi kasus ke-23 virus Corona. Penderitanya merupakan wanita setempat yang mempunyai sejarah perjalanan ke Jepang. Sedangkan penderita kasus ke-16 dan ke-22 telah sembuh dan diizinkan keluar rumah sakit.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar