Yamaha

Wawalkot Jakut: ASN Jangan Lagi Gunakan Kantong Belanja Sekali Pakai

  Senin, 09 Maret 2020   Aldi Gultom
Ilustrasi kantong belanja plastik sekali pakai. (Kompas.com/Shutterstock)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Aparatur sipil negara (ASN) harus jadi pelopor dalam implementasi Pergub DKI Jakarta 142/2019 tentang kewajiban penggunaan kantong belanja ramah lingkungan.

Terhitung mulai 1 Juli 2020, Pergub itu akan diterapkan di wilayah DKI Jakarta khususnya pusat perbelanjaan, toko swalayan dan pasar rakyat. 

"Saya harap ASN Jakarta Utara dapat menjadi contoh dengan tidak lagi menggunakan kantong plastik sekali pakai yang tidak ramah lingkungan. Mulai dari sekarang dan seterusnya harus terapkan aturan itu karena akan membawa kebaikan untuk semua," ujar Wakil Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim, saat bertindak sebagai pembina apel pegawai di Halaman Plaza Barat, Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Senin (9/3/2020).

Menurutnya, aksi peduli terhadap pengurangan sampah plastik harus dimulai dari diri sendiri kemudian ditularkan ke lingkungan sekitar. 

"Dimulai dari diri sendiri seperti selalu membawa tumbler dan tempat makan sendiri untuk mengurangi sampah, karena wadah itu bisa digunakan berulang kali. Dengan langkah kecil namun memberikan manfaat bagi kesehatan dan lingkungan," kata Ali.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar