Yamaha

Sandiaga Uno: Lebih Baik Ahok Tunjukkan Dulu Prestasinya di Pertamina

  Senin, 09 Maret 2020   Aldi Gultom
Sandiaga Uno (Tempo/Subekti)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Nama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok punya kans paling kuat untuk menjadi Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara. 

Presiden Jokowi sudah mengumumkan empat kandidat yang bakal menduduki posisi itu. Selain Ahok, yang saat ini masih menjabat Komisaris Utama PT Pertamina (persero), ada pula Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, Bambang Brodjonegoro; Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., Tumiyana; dan Bupati Banyuwangi, Azwar Anas.

Tetapi nama Ahok menuai pro kontra. Salah satu argumentasi penolakan disampaikan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno.

Menurut Sandiaga, alangkah lebih baik Ahok diberi waktu menunjukkan kinerja lebih dahulu sebagai Komisaris Utama Pertamina. Apalagi situasi global sedang dilanda gejolak harga minyak dunia.

"Saya sampaikan tadi, apalagi dengan harga minyak yang kemungkinan terkoreksi mendalam ini kan beliau (Ahok) baru mendapat tugas. Izinkan dia bertugas sebagai Komut Pertamina, karena sektor migas ini pasti mengalami gejolak dengan turunnya harga minyak. Kita juga lihat bagaimana ketersediaan migas di seluruh wilayah Indonesia," tutur Sandiaga di Cengkareng, Jakarta Barat, Senin (9/3/2020).

Untuk saat ini Ahok mesti lebih dulu menunjukkan prestasi memimpin Pertamina. Setelah itu, Presiden Jokowi dapat memiliki alasan dan pertimbangan yang jelas untuk menominasikan Ahok sebagai calon kepala badan otorita ibu kota baru.

"Kita tunggu kinerjanya dan rekam jejaknya di Pertamina. Semua ini kan prerogatif presiden, sehingga presiden bisa lihat bagaimana rekam jejaknya, dan calon-calon lain dibandingkan dan disampaikan kepada publik apa yang menjadi pertimbangannya," tambah mantan Calon Wakil Presiden 2019-2024 itu.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar