Yamaha

Jembatan Putus di Lebak Banten Diperbaiki, Warga: Terima Kasih Dompet Dhuafa

  Kamis, 12 Maret 2020   Hendy Dinata
Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan Shopee dan warga sekitar membangun kembali jembatan yang putus di Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten. (Ayojakarta.com/Hendy Dinata)

BANTEN, AYOJAKARTA.COM -- Intensitas hujan yang tinggi di awal tahun 2020 di wilayah Banten menyebabkan banyak fasilitas umum rusak parah.

Satu di antaranya adalah jembatan gantung yang berada di atas Sungai Ciberang yang menghubungkan 5 Kampung, yakni Kampung Karian, Kampung Lebak Kopo, Kampung Panunggangan, Kampung Nanggela dan Kampung Cimenten, di Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten.

Rusaknya jembatan tersebut menghambat warga di 5 kampung tersebut untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Warga harus menggunakan rakit dan perahu karet untuk menyeberang Sungai Ciberang. Bahkan tak jarang warga harus berputar dengan durasi 30-45 menit untuk dapat sampai ke jalan utama lintas provinsi.

Kondisi itu juga membuat anak-anak sekolah dan orang sakit yang hendak ke Puskesmas harus menaiki rakit. Namun, bila kondisi cuaca sedang tidak bagus, warga mengaku tidak berani menyeberangi sungai, karena masih trauma dengan kejadian banjir bandang yang merusak jembatan tersebut.

"Jembatan ini merupakan akses utama masyarakat, anak-anak sekolah juga melintasi jembatan ini, bila ingin ke puskesmas pun harus melewati jembatan ini," ucap warga desa, Juli (52), kepada Ayojakarta, Rabu (11/3/2020).

Ahyani selaku Kepala Desa Calungbungur, menyampaikan, jembatan merupakan akses yang sangat penting untuk masyarakat di sana. 

"Masyarakat setiap hari melintasi jembatan ini sebelum roboh diterjang banjir bandang," ujarnya.

Terkait hal itu, Dompet Dhuafa berkolaborasi dengan Shopee dan warga sekitar membangun kembali jembatan yang putus. Perbaikan jembatan gantung tersebut sangat didambakan masyarakat guna menopang ekonomi dan mempermudah aktivitas sehari-hari.

"Kami berterima kasih kepada Dompet Dhuafa untuk memperbaiki jembatan di kampung ini. Bila telah selesai diperbaiki, jembatan ini sangat membantu warga untuk melakukan aktivitas sehari-hari," kata Ahyani.

Hal senada juga diungkapkan Juli. Dirinya sangat berterima kasih kepada Dompet Dhuafa karena telah membantu warga untuk memperbaiki jembatan yang putus.

"Terima kasih Dompet Dhuafa. Jembatan ini sangat penting. Warga kalau mau ke pasar bisa lebih cepat lewat sini, anak-anak sekolah lewat sini, orang yang sakit mau ke rumah sakit juga lewat sini," ujarnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar