Yamaha

Pesan Anies Cegah Penyebaran Corona saat Salat Jumat

  Jumat, 13 Maret 2020   Khoirur Rozi
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan pesan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap virus corona. Pesan itu ditujukan kepada umat Islam yang hendak beribadah Salat Jumat.

"Pada hari Jumat yang baik ini saya menyampaikan sebuah pesan keWaspadaan untuk umat Islam di Jakarta, khususnya menjelang kegiatan salat Jumat pada siang hari ini. seperti kita ketahui badan kesehatan dunia WHO telah mengumkan bahwa penyakit Covid-19 kini telah menjadi epidemi Global. di Indonesia dan di Jakarta pula kasusnya masih terus bertambah," kata Anies melalui pesan suara, Jumat (13/3/2020).

AYO BACA : Pemerintah Indonesia Putuskan Tak Lakukan Lockdown, Begini Alasannya

Anies mengimbau, saat berjamaah Salat Jumat dan kegiatan salat jamaah lainnya di masjid, sebaiknya membawa sajadah atau sapu tangan sebagai alas sujud. Kedua, lanjutnya, cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah kegiatan Salat Jumat.

"Ketiga untuk sementara waktu hindari jabat tangan, hindari cium pipi, gunakan metode lain untuk saling bersapa tanpa harus bersentuhan," ujar Anies.

AYO BACA : Cegah Corona, DMI Semprot 10 Ribu Masjid dengan Disinfektan

Imbauan keempat, bila sedang flu, sedang batuk, maka gunakan masker dan bila tiba-tiba akan batuk atau bersin maka tutup mulut dan hidung dengan tisu atau dengan lipatan siku tangan.

Selain itu, Anies juga menyampaikan imbauannya kepada para pengurus masjid, khususnya di Jakarta. Anies meminta pengurus masjid menyampaikan pesan kewaspadaan kepada jamaah sebelum dimulainya salat.

"Kepada para pengurus masjid, saya berpesan pertama pada saat pengumuman selalu selipkan pesan kewaspadaan tentang wabah ini kepada seluruh jamaah. Ingatkan untuk rajin cuci tangan dengan sabun dan hindari sentuhan fisik untuk sementara waktu," ungkapnya.

Kemudian, Anies juga meminta pengurus masjid menyediakan sabun di area wudhu. Kebersihan masjid juga harus ditingkatkan.

"Mari kita sama-sama meningkatkan kewaspadaan sebagai wujud tanggung jawab kita atas keselamatan seluruh warga Jakarta. Mari kita tingkatkan doa dan tawakal kepada Allah semoga kota kita terhindar dari cobaan wabah ini," imbuhnya.

AYO BACA : Virus Corona Lebih Berbahaya Jika Masuk Lingkungan Kumuh dan Padat

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar