Yamaha

Riza Patria: Pemilihan Wagub Bisa Sesuai Jadwal, Dipercepat atau Ditunda Tanpa Batas Waktu

  Selasa, 17 Maret 2020   Khoirur Rozi
Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. (Ayojakarta.com/Khoirur Rozi))

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Agenda pemilihan dan penetapan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2020-2022 terancam diundur karena ancaman wabah COVID-19. 

Dari 134 pasien COVID-19 yang tercatat sampai sejauh ini, sebagian besar bertempat tinggal di DKI Jakarta dan sekitarnya. Apalagi, ada anggota DPRD DKI yang diduga terjangkit virus corona. Situasi terakhir ini memunculkan desakan untuk menunda pemilihan Wagub.

Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, menyerahkan sepenuhnya keputusan soal itu kepada DPRD DKI. Dia tak keberatan jika pemilihan harus diundur atau bisa juga dipercepat.

"Sepenuhnya saya menyerahkan kepada teman-teman DPRD yang lebih tahu bagaimana baiknya," kata Riza saat dihubungi wartawan, Selasa (17/3/2020).

AYO BACA : 23 Maret, Anies Baswedan Akhiri Masa 'Jomblo'

Riza pun menyampaikan tiga opsi pemilihan Wagub. Pertama, pemilihan sesuai jadwal, yakni pada 23 Maret 2020. Kedua, pemilihan dipercepat pada 20 Maret. Ketiga, pemilihan diundur hingga waktu yang belum ditentukan sembari memantau perkembangan wabah virus corona.

"Jadi ada tiga pilihan. Tetap tanggal 23, terkait korona bisa dipercepat ke Jumat tanggal 20 Maret sebelumn Corona meluas, atau nanti dimundurkan setelah Corona selesai," ungkapnya.

Sedianya, pemilihan Wagub digelar 23 Maret 2020. Di hari itu Cawagub akan menyampaikan visi-misi dan melakukan tanya-jawab dengan Anggota DPRD DKI Jakarta. Setelah itu, pemilihan Wagub dilaksanakan.

Setelah Cawagub terpilih, pada 24 Maret, DPRD akan bersurat kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) perihal berita acara dan berkas Wagub DKI terpilih.
 
Ada dua Cawagub DKI yang dipertimbangkan DPRD. Mereka adalah Nurmansjah Lubis dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Ahmad Riza Patria dari Partai Gerindra.

AYO BACA : Wabah Corona, DPR Diminta Tunda Rapat Paripurna 23 Maret

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar