Yamaha

Dompet Dhuafa Siapkan Bilik Sterilisasi untuk Tempat Umum

  Senin, 23 Maret 2020   Hendy Dinata
Pekerja merakit bilik sterilisasi atau body chamber yang akan diletakkan lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa di tempat-tempat umum. (Dok. Dompet Dhuafa)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Lembaga kemanusiaan Dompet Dhuafa terlibat dalam gerakan masyarakat menekan sebaran wabah Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Indonesia. 

Selain membantu dalam penyemprotan desinfektan serta pembagian hand sanitizer ke masyarakat, Dompet Dhuafa terus berinovasi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak. 

Yang terbaru, Dompet Dhuafa hadirkan bilik sterilisasi (Body Chamber) sebagai upaya mencekal virus corona. Bilik sterilisasi disiapkan tim Disaster Management Center (DMC) dan telah diujicoba dengan baik pada Jumat (20/3/2020) lalu.

Body Chamber berfungsi mensterilkan keseluruhan badan bagi para amil, relawan, serta para tamu yang berkunjung ke gedung Dompet Dhuafa. Tubuh orang yang memasuki bilik itu akan dibersihkan dari kuman, bakteri dan virus yang mungkin terbawa.

Tak hanya di kantornya, Dompet Dhuafa juga akan memasang Body Chamber di tempat-tempat umum sebagai sumbangsih untuk lebih banyak orang.

“Kami terus memproduksi beberapa unit untuk nantinya diletakkan di beberapa tempat publik sebagai fasilitas bersama. Kami telah lakukan uji coba di Gedung Philantropy Dompet Dhuafa dan beberapa kantor jejaring,” ujar Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa, drg. Imam Rulyawan MARS., melalui pesan WhatshApp, Senin (23/3/2020).

Imam Rulyawan menambahkan, cairan antiseptik yang digunakan pada bilik sterilisasi mempunyai kandungan yang berbeda dengan cairan desinfektan yang banyak disemprotkan ke fasilitas publik.

“Kalau yang ini kandungannya seperti yang digunakan untuk hand sanitizer, jadi aman untuk diri," tambahnya.

Meski begitu, Dompet Dhuafa tetap menyarankan kepada masyarakat untuk tetap melakukan social distancing (mengurangi interaksi sosial secara fisik) untuk mencegah penyebaran virus corona lebih luas. 

"Jika masyarakat yang memang terpaksa harus keluar ruangan publik, bisa tetap steril dengan disemprotkannya cairan antiseptik ke seluruh badan," pungkas Imam.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar