Yamaha

Bosen Belajar di Rumah? Coba Nih Caranya

  Selasa, 24 Maret 2020   Editor
Ilustrasi (unsplash)

AYOJAKARTA.COM -- A lifestyle change is about to roll. Pekan lalu kita belajar di kelas, bersama dengan teman-teman. Sepekan ini kita sudah belajar sendiri-sendiri di rumah. Tak bisa ke mana-mana? Merasa bosan? You're not alone, Sobat.

Tetapi demi menghambat penyebaran pandemi, kita harus bersabar dan tetap berada di rumah saja. Lantas bagaimana caranya untuk menghilangkan rasa bosan yang kita alami? Nih ada tips dari Aku Pintar.
 
1. Hindari Beraktivitas di Sofa atau Kasur

Sofa dan kasur adalah dua spot ternyaman di rumah. Setiap kali kita meletakkan badan, setiap kali itu pula kita ingin rebah.

Saat badan benar-benar letih, rebahan memang membantu meningkatkan produktivitas kita. Tapi ketika kita hanya bergerak di dalam rumah seperti hari-hari belakangan ini, rebahan hanya akan membuat kita semakin merasa bosan dan malas.

2. Membantu Orang Tua di Rumah

Di tengah jadwal sekolah atau kuliah yang padat, kapan kita membantu orang tua mengurus rumah? Mulai membersihkan lantai, merapikan barang-barang yang berserakan, memasak di dapur, dan berbagai pekerjaan di rumah yang lain sebenarnya menjadi tanggung jawab bersama – because you live there too!

Selagi kita tak menghabiskan banyak waktu di perjalanan pulang pergi ke sekolah dan kampus, pun tak bisa pergi bermain ke rumah teman, bukankah lebih baik bila kita membantu menyelesaikan pekerjaan di rumah? Anyway, don't you feel crappy when all you do is sluggishly moving from sofa to bed, and then from bed to sofa?

3. Mengerjakan Sesuatu, Membuat Kriya

Mengurus tanaman di taman rumah, mengurus hewan peliharaan kesayangan keluarga, membuat kue, memperbaiki bagian-bagian rumah yang rusak, mengotak-atik rancangan robot, menjahit, merakit komputer, menyusun lego – kerjakan apapun yang menguras tenaga dan fokusmu. Kriya akan membuatmu sibuk selama beberapa waktu, Sobat!

Masing-masing kita memiliki minat dan bakat yang berbeda. Temukan apa kehebatanmu dengan Minat Pintar, misalnya. Then, think again, will you enjoy yourself doing it? Siapa tahu, setelah masa pandemi ini berakhir, Sobat memiliki sebuah keterampilan yang akan bermanfaat kelak di kemudian hari.

4. Olahraga dengan Fasilitas yang Ada di Rumah

Jangan lupa olahraga agar imunitas badan kita bekerja maksimal. Lakukan penyesuaian-penyesuaian karena kita hanya dapat mengerjakannya di sekitar rumah. Misalnya, mengganti rutinitas running dengan naik turun tangga beberapa kali putaran. Yang tak kalah penting, dukung olahragamu dengan istirahat yang cukup dan asupan makanan yang bergizi.

Pada awalnya memang tak mudah untuk mengubah kebiasaan kita yang aktif di luar, kini gerak kita terbatas di balik tembok. Tapi dengan mengurangi interaksi sosial, kita pun turut aktif menekan penyebaran pandemi. Siapa tahu, mungkin hari ini kita telah menyelamatkan seseorang dengan risiko tinggi hanya dengan menahan diri untuk tak keluar rumah.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar