Yamaha

Ini Penyebab Pori-pori Wajah Besar

  Rabu, 25 Maret 2020   Budi Cahyono
ilustrasi (Unsplash)

AYO BACA : Benarkah Klorokuin Bisa Obati COVID-19?

AYO BACA : Senator: Imbauan Tetap di Rumah Bukan Berarti Pasif

BANDUNG, AYOJAKARTA.COM -- Pori-pori wajah yang besar kerap menyebabkan sejumlah masalah. Mulai dari produksi minyak berlebih hingga memperbesar potensi kemunculan jerawat. Namun, dengan perawatan yang tepat, pori-pori "kulit jeruk" ini juga tetap dapat menjadikan wajah Anda sehat.

Untuk itu, Anda dapat mencari tahu penyebab pori-pori membesar agar langkah penanganan perawatan wajah menjadi tepat sasaran. Dilansir dari Boldsky, berikut 5 hal yang menjadi penyebab pori-pori wajah membesar :

1. Minyak berlebih

Kelenjar sebaceous yang terlalu aktif adalah alasan utama di balik pori-pori besar. Kulit kita menghasilkan minyak alami yang membantu menjaga kulit tetap lembab dan sehat.

Namun, ketika produksi minyak di kulit lebih dari yang dibutuhkan, kulit Anda menjadi berminyak. Kelenjar yang terlalu aktif ini membuat kulit Anda rentan terhadap kotoran dan polusi. Kotoran dalam pori-pori kulit membuat kulit Anda membengkak dan seiring waktu menyebabkan pori-pori membesar.

2. Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari dalam waktu yang lama dapat mengubah kulit Anda dan memperbesar pori-pori.  Ketika kulit Anda terkena sinar matahari untuk waktu yang lama, produksi kolagen di kulit berkurang dan jaringan di bawah lapisan atas kulit mengembang. Alhasil, pori-pori Anda dapat membesar.

3. Faktor usia
Penuaan adalah salah satu alasan paling umum untuk pori-pori menjadi besar. Seiring bertambahnya usia, kulit Anda pun mengalami perubahan. Lama kelamaan kulit kehilangan elastisitasnya dan menjadi rentan.

Kapasitas regenerasi sel kulit kulit juga berkurang. Akibatnya, ada penumpukan kotoran dan kotoran di kulit. Ini menyebabkan pori-pori kulit Anda membengkak dan membesar.

4. Mengorek Wajah

Kebiasaan perawatan kulit Anda yang buruk juga bisa menjadi alasan pori-pori Anda menjadi besar. Mengorek jerawat dan mengeluarkannya, menggosok wajah secara berlebihan ketika mencuci muka dan terus-menerus mengorek komedo dapat membuat pori-pori kulit Anda terbuka.

5. Faktor genetik

Gen Anda juga bisa menjadi faktor utama penyebab ukuran pori-pori di wajah Anda besar. Meskipun Anda tidak dapat melakukan apa pun untuk mencegah pori-pori besar dalam hal ini, namun Anda dapat mengadopsi rutinitas perawatan kulit yang sehat untuk mengurangi penampilan pori-pori besar tersebut. Membersihkan, melakukan eksfoliasi dan menjaga kulit tetap lembab adalah langkah perawatan kulit yang penting. (Nur Khansa Ranawati)

AYO BACA : JKN Bayar Rawat Pasien Virus Corona, BPJS Watch: Revisi Dulu Perpres 82/2018

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar