Yamaha

Kegiatan Ini Beresiko Terjangkit Hantavirus

  Rabu, 25 Maret 2020   Fitria Rahmawati
ilustrasi. shutterstock

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM - Berbagai kegiatan memiliki resiko tertular penyakit. Salah satunya adalah terpapar hantavirus yang dibawa oleh tikus. Sebenarnya, virus ini bukanlah hal baru di dunia medis, meski sempat menghebohkan di China.

Kehebohan tersebut lantaran telah menyebabkan seorang lelaki asal Yunnan, China, meninggal dunia beberapa jam setelah dirinya didiagnosis. Diketahui lelaki tersebut meninggal dalam perjalanan menunju Provinsi Shandong, dan 32 orang yang juga berada di dalam bus tersebut telah dites laboratorium.

Manusia dapat terinfeksi melalui gigitan, menyentuh benda yang tekontaminasi urin, air liur, atau kotoran tikus yang membawa hantavirus ini. Manusia juga dapat tertular dari airbone atau virus yang berada di udara lalu terhirup oleh manusia. Infeksi yang disebabkan oleh virus ini adalah Hantavirus pulmonary syndrome.

AYO BACA : Rawat Pasien Corona Bogor, Petugas Medis Dites

Selalu gunakan alat pelindung diri yang aman saat melakukan aktivitas yang beresiko. Pasalnya, beberapa kegiatan ini bisa menyebabkan manusia terjangkit hantavirus dilansir Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS:

1. Kegiatan membersihkan rumah

Membersihkan di dalam dan di sekitar rumah sendiri dapat membahayakan jika hewan pengerat telah memilki sarang di rumah.

AYO BACA : Lockdown, Lion Group Tunda Penerbangan Rute Papua

2. Paparan terkait pekerjaan

Pekerja konstruksi, dan pengontrol hama dapat terpapar ketika mereka bekerja di bangunan kosong atau ruangan bawah tanah yang mungkin memiliki populasi hewan pengerat.

3. Membersihkan bangun yang sebelumnya tidak digunakan

Membersihkan kabin, gudang, dan bangunan luar, termasuk lumbung, garasi, dan tempat penyimpanan, yang telah lama ditutup memiliki risiko potensial untuk menularkan infeksi hantavirus, terutama di daerah pedesaan.

AYO BACA : Polisi Imbau Warga Bogor Bertahan di Rumah Cegah Covid-19

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar