Yamaha

4 Minuman yang Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

  Kamis, 26 Maret 2020   Budi Cahyono
ilustrasi ibu hamil (pixabay)

AYOJAKARTA.COM -- Hidrasi yang tepat sangat penting selama kehamilan. Air sangat dibutuhkan oleh tubuh dan memiliki segudang manfaat bagi ibu hamil. Mulai dari membunuh racun dalam kandungan, membuat cairan ketuban, membangun jaringan tubuh, serta manfaat lainnya yang dibutuhkan selama masa kehamilan Anda.

Kebutuhan air, berbeda-beda setiap orang. Rata-rata seorang ibu hamil membutuhkan asupan air sekitar 1 hingga dua liter air setiap harinya.

Bagian utama dari kebutuhan cairan harian akan dipenuhi oleh air minelar. Meskipun demikian, ada beragam jenis minuman lain yang bisa Anda konsumsi dengan aman selama masa kehamilan. 

Melansir dari Boldsky, Rabu (25/3/2020) berikut 4 minuman terbaik untuk dikonsumsi selama kehamilan: 

1. Smoothies 

Smoothies adalah minuman yang sangat cocok dikonsumsi selama kehamilan, sebab rasanya segar dan tidak membosankan.

AYO BACA : Berisiko Kanker! Hindari Kebiasaan Minuman Terlalu Panas

Tapi, perlu diingat bahwa smoothies biasanya mengandung kadar gula yang tinggi, meminum smoothies dapat menyebabkan tingginya gula darah. Oleh karena itu, pilihlah buah dengan kadar gula rendah, seperti kiwi, ceri, stroberi, dan alpukat. 

Anda juga dapat menambahkan protein dalam bentuk kacang-kacangan, biji, atau keju cottage untuk membuat minuman Anda lebih sehat serta menambahkan lebih banyak rasa.

2. Susu

Susu kaya akan kandungan kalsium dan protein, susu adalah minuman yang sangat dianjurkan untuk ibu hamil. 

Bagi para ibu yang tidak suka susu atau menderita intoleransi laktosa, minuman berbasis kedelai yang diperkaya kalsium merupakan alternatif terbaik pengganti susu.

3. Infuse Water

AYO BACA : Sulit Fokus Bekerja dari Rumah? Coba Triknya

Tambahkan buah segar ke dalam air tawar untuk menghasilkan air mineral yang mengandung vitamin dari buah.

Cukup tambahkan melon, apel, jeruk, atau buah tropis lainnya ke dalam air tawar. Biarkan selama beberapa jam. Simpan di kulkas. 

Mentimun, cengkeh, batang kayu manis juga bisa ditambahkan ke air buah Anda untuk menambah rasa. 

4. Air kelapa

Air kelapa merupakan minuman luar biasa yang menyegarkan. Air kelapa merupakan sumber antioksidan, potasium, magnesium dan Vitamin C. Air kelapa membantu menurunkan tekanan darah. 

Air kelapa juga bermanfaat bagi ibu hamil, karena dapat membantu menstabilkan gula darah. 

Salah satu masalah umum saat masa kehamilan adalah mual dan muntah. 85% wanita hamil akan mengalami mual dan muntah sekitar 12 hingga 16 minggu. Kandungan elektrolit dalam air kekapa efektif untuk menangani mual dan muntah. (Vina Elvira)

 

 

AYO BACA : Bagaimana Kondisi Corona Jika Musim Panas Tiba?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar