Yamaha

Hindari Makanan Ini Sebelum Jam 10 Pagi

  Kamis, 26 Maret 2020   Fitria Rahmawati
ilustrasi. shutterstock

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM - Konsep memilih sarapan atau tidak sarapan memang masih menjadi perdebatan. Namun, nutrisi untuk tubuh tidak boleh dilewatkan, agar kebutuhan energi dan vitamin tidak mengalami kekurangan. 

Ada banyak teori tentang sarapan pagi yang bertentangan. Beberapa berpendapat bahwa sarapan pagi tidak diperlukan karena akan menyebabkan sakit perut, dan menyebabkan kantuk. Tetapi, ada pula yang mengatakan bahwa melewatkan sarapan pagi justru bukan pilihan terbaik. Karena, sarapan bisa meningkatkan suasana hati dan mencegah depresi.

Hal yang terpenting, Anda perlu memahami betul makanan yang tepat dikonsumsi saat sarapan dan tidak.

Dilansir oleh Bright Side, berikut ini daftar makanan yang sebaiknya dihindari sebelum jam 10 pagi agar tubuh tetap sehat dan bugar.

1. Selai kacang

AYO BACA : Serentak, 11 Pulau Permukiman di Kepulauan Seribu Disemprot Disinfektan

Bagi Anda yang suka sarapan roti sebaiknya hindari mengoleskan mentega. Karena mentega mengandung lemak yang membantu memproses vitamin tetapi juga mengandung lemak jenuh.

Lemak jenuh itulah yang bisa menyebabkan kerusakan pada jantung dan penambahan berat badan. Lebih baik oleskan selai kacang sebagai pengganti mentega di atas roti Anda.

2. Sereal

Sereal adalah menu sarapan yang paling populer, tetapi mengandung sejumlah besar gula yang bisa menjadi lemak perut. Sebaiknya, konsumsilah oatmeal yang bebas gula dan mengandung serat sehat. Sebab, mengurangi asupan gula setiap pagi bisa membantu menghindari lelah di pagi hari.

3. Wafel

AYO BACA : Trader Aset Kripto Raup Untung Dalam Sehari Saat Corona

Wafel maupun kue kering mengandung karbohidrat olahan. Kandungan ini tentu tidak masalah bagi diet Anda. Tetapi, karbohidrat olahan bisa membuat Anda merasa lapar di siang hari.

Kue kering juga mengandung seikit atau tanpa serat dan justru lebih banyak lemak trans berbahaya bagi kesehatan Anda.

4. Yoghurt rendah lemak

Yoghurt tanpa lemak bisa menjadi alternatif sarapan. Sayangnya, yoghurt mengandung banyak gula untuk menambah rasa dan sedikit protein. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa yoghurt penuh lemak justru membantu menurunkan berat badan.

5. Jus buah

Menurut penelitian, kebanyakan jus buah mengandung gula sebanyak soda sehingga minuman ini tak sebaiknya dikonsumsi saat sarapan. Selain gula, jus buah juga tidak mengandung serat. Jadi minum jus buah bukan pilihan yang tepat untuk sarapan.

Lebih baik makanlah buah biasa. Sebab, cara ini bagus untuk mengaktifkan sistem pencernaan di pagi hari dan menyiapkannya untuk asupan kalori lebih tinggi di waktu makan selanjutnya.

AYO BACA : Posko Aju KBRI Seoul Selesaikan Misi di Daegu

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar