Yamaha

Apakah Virus Corona Menular Lewat Makanan?

  Jumat, 27 Maret 2020   Fitria Rahmawati
ilustrasi makanan. shutterstock

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM - Banyak penelitian dengan temuan barunya mengungkap berbagai fakta penularan virus corona Covid-19. Sejauh ini, penularan paling efektif yang dilakukan virus adalah menular dari manusia ke manusia dengan cara droplet atau lewat percikan ludah dengan jarak dekat.

Lantas apakah virus tersebut mampu menular melalui makanan?

AYO BACA : Daftar Warteg Jabodetabek yang Beri Makanan Gratis

seorang profesor dan spesialis keamanan makanan di North Carolina State University, Benjamin Chapman, mengatakan bahwa tidak ada alasan untuk khawatir mengenal hal tersebut hingga saat ini. Tidak ada bukti penyakit coronavirus baru, COVID-19, yang ditularkan melalui semua jenis makanan.

Seperti dilansir dari Medical Daily, Benjamin mengatakan, penelitian baru akan lebih bervariasi mengungkap bagaimana kerja virus dari masa-ke masa pada Covid-19 khususnya. Pasalnya, sejak wabah tersebut muncul, masih banyak hal yang perlu diketahui dan diteliti lebih lanjut.

AYO BACA : Pandemi COVID-19, Jagung dan Padi di Tuban Siap Panen

Dengan demikian, pemahaman kita tentang penyebaran penyakit serta potensi risiko makanan yang mungkin ditimbulkannya masih dapat berubah di masa depan, karena kita belajar lebih banyak tentangnya.

"Kami tidak benar-benar memiliki bukti bahwa makanan atau kemasan makanan adalah sumber sakit dari COVID-19," kata Benjamin. 

Sejauh ini data dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), virus ini terutama ditularkan dari manusia ke manusia melalui batuk, bersin dan kontak fisik dengan seseorang yang sudah memiliki virus Corona Covid-19.

Meski ada penelitian yang mengeksplorasi gagasan bahwa virus Corona Covid-19 dapat ditularkan dari menyentuh permukaan yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh mata, hidung atau mulut, itu bukan mode utama penularan.

Bagaimanapun, mencuci tangan dengan sabun dan air setelah pergi ke luar masih sangat dianjurkan.

AYO BACA : Kepa Tak Memuaskan, Chelsea Bidik Donnarumma

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar