Yamaha

Peserta Musda Hipmi Karawang Diimbau Rapid Test

  Jumat, 27 Maret 2020   Budi Cahyono
ilustrasi

AYO BACA : Buka Rekening Donasi, Pemerintah Terkesan Gagap Hadapi Wabah COVID-19

AYO BACA : Gunung Merapi Erupsi Lagi, Tinggi Kolom Abu 5.000 Meter

BANDUNG, AYOJAKARTA.COM -- Setelah acara musyawarah daerah (Musda)-nya dikategorikan sebagai  salah satu kluster penyebaran Covid-19 di Jawa Barat, Ketua umum BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jabar, Surya Batara, menyatakan bahwa pihaknya telah meminta para peserta musda untuk melakukan skrining kesehatan secara mandiri. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan apakah para anggota musda mengalami gejala terkait Covid-19 selepas acara berlangsung.

Pasalnya, hingga saat ini terdapat setidaknya 7 tamu undangan acara tersebut yang telah dinyatakan positif Covid-19. Skrining mandiri dilakukan dengan melakukan self assessment terhadap kemungkinan gejala penyakit yang muncul.

"Hasil kuesioner self-diagnose yang telah diisi 716 responden (97% dari peserta) yang hadir pada musda di Karawang menunjukan hampir 80% responden merasa sehat tanpa gejala. Hanya sebagian kecil yang mengalami batuk dan flu ringan," ungkap Surya dalam keterangan resminya, Jumat (27/3/2020).

Dia mengatakan hal tersebut dinilai cukup valid mengingat hari ini telah melampaui 14 hari selepas acara. Sehingga para peserta dianggap telah melewati masa observasi.

"Walaupun masih tetap diimbau untuk isolasi mandiri hingga dinyatakan negatif Covid-19," ungkapnya.

Selain meminta anggotanya untuk melakukan isolasi mandiri, Surya juga menyebutkan hingga saat ini pihaknya telah bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jabar untuk fokus mencari peta persebaran virus Covid-19. Caranya adalah dengan melakukan rapid test pada para peserta musda.

"Hingga saat ini telah dilakukan beberapa kelompok test. Tahap pertama dilaksanakan pada 25 maret terhadap 25 senior HIPMI Jabar, kelompok yang secara empirik terbukti paling sensitif terhadap paparan virus ini. Hasilnya semua negatif Covid-19," ungkapnya.

Dia mengatakan, tes serupa juga telah dilakukan di Kota Bogor, Kab Bogor dan Kabupaten Bandung untuk para peserta musda Karawang bekerjasama dengan pemda masing-masing kabupaten/kota. Dia menyebut bahwa semuanya menunjukan hasil negatif.

"Hasil ini tentunya sangat melegakan bagi semua pihak, dan HIPMI Jabar memohon doa agar hasil test peserta musda dari kota/kabupaten lain yang telah dijadwalkan dalam satu minggu ke depan tetap menunjukkan hasil negatif Covid-19," ungkapnya. (Nur Khansa Ranawati)

AYO BACA : Ibas Terjunkan Satgas Anti-COVID-19 dan DBD di Dapilnya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar