Yamaha

Pandemi Corona, Anggaran Mudik Lebih Baik untuk Sembako Gratis

  Jumat, 27 Maret 2020   Fitria Rahmawati
Pengamat transportasi Djoko Setijowarno. instagram: @djoko_setijowarno

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM - Pengamat Transportasi Unika Soegijapranata Semarang, Djoko Setijowarno menyarankan kepda pemerintah untuk mengalihkan anggaran mudik menjadi anggaran sembako gratis. Pandemi corona membuat warga tidak diperbolehkan berkerumun, sehingga menyebabkan mobilitas menjadi terbatas.

"Anggaran mudik gratis dapat dialihkan kepada pemudik dalam bentuk voucher bantuan sembako Lebaran," ujar Djoko dalam keterangannya, Jumat (27/3/2020).

Dia juga menambahkan voucher tersebut diprioritaskan kepada masyarakat yang telah mengikuti dan mendaftar program mudik gratis tahun lalu.

AYO BACA : Dibubarkan Satpol PP, PKL Tanah Abang Bingung Cari Penghasilan

"Data pemudik gratis itu masih ada dan bisa digunakan untuk pemberian bantuan itu. Pemerintah dapat bekerjasama dengan pengusaha minimarket, sehingga voucher tersebut mudah ditukarkan ke minimarket terdekat," kata Djoko.

Djoko juga menyarankan agar masyarakat pada saat Lebaran bisa melakukan panggilan lewat video (video call) dengan keluarga dan kerabat di kampung halaman sebagai pengganti mudik yang tertunda pada tahun ini.

"Pemerintah dapat memberikan keringanan biaya penggunaan telpon seluler kepada mereka yang melakukan video call sebagai kompensasi tidak mudik pada tahun ini," ujarnya.

AYO BACA : Pandemi COVID-19 dan Dunia Pasca-AS

Sebelumnya Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat akan menghapus program mudik gratis pada masa Angkutan Lebaran 2020.

Kebijakan ini diambil setelah mempertimbangkan status keadaan darurat bencana wabah penyakit akibat virus corona di Indonesia yang berlaku selama 91 hari terhitung sejak tanggal 29 Februari – 29 Mei 2020 mendatang.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi menyatakan bahwa baik program mudik gratis yang diadakan oleh Kementerian Perhubungan, BUMN, hingga swasta akan ditiadakan.

Ia mengatakan untuk di Ditjen Perhubungan Darat, baik mudik gratis dengan bus dan kapal penyeberangan semuanya akan dihapuskan.

AYO BACA : De Gea Sumbang 300 Ribu Euro untuk Tim Medis Spanyol

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar