Yamaha

Rakyat Butuh Pasokan Makanan, Nelayan Indonesia Tolak Lockdown

  Selasa, 31 Maret 2020   Widya Victoria
Ilustrasi (Tempo.co)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Nelayan Indonesia tidak menginginkan adanya lockdown meski situasi sangat mengkhawatirkan karena penyebaran pendemik virus corona. 

Hingga saat ini, nelayan Indonesia masih mampu melaut dan menangkap ikan untuk pasokan makanan bagi masyarakat. Selain itu, nelayan yang entah kenapa jarang tersentuh virus corona, berharap kondisi ini bisa diatasi oleh pemerintah.

Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Siswaryudi Heru menuturkan, meskipun daerah nelayan ada saja yang sedang gelisah dan mendorong lockdown, seperti daerah Tegal, dan beberapa daerah di daratan Pulau Jawa, hendaknya pemerintah melakukan upaya lain saja, selain lockdown atau karantina wilayah.

“Nelayan Indonesia masih tetap bisa melaut dan menangkap ikan. Itu sangat dibutuhkan untuk pasokan pangan Indonesia. Terlebih di situasi Indonesia yang sedang dilanda pandemik virus corona sekarang. Karena itu, kita, para nelayan, tidak setuju jika opsi lockdown yang dilakukan. Itu malah akan membuat semua rakyat sengsara. Termasuk para nelayan sendiri akan kian sengsara,” ujar Siswaryudi Heru, di Jakarta, Selasa (31/03/2020).

Siswaryudi yang juga Ketua Bidang Kelautan dan Perikanan Pengurus Pusat Dewan Ekonomi Indonesia Timur (DEIT) ini berpendapat, jika pilihan lockdown yang diambil akan sangat membuat kondisi Indonesia di ujung kehancuran.

Lagi pula, lanjutnya, saat ini negara Jepang dan China sudah mulai pulih. Kedua negara ini juga sudah membuka komunikasi dengan para nelayan Indonesia. 

"Sudah ada beberapa permintaan dari sana ke nelayan Indonesia. Jika lockdown, tentu itu semua juga akan batal. Dan kita yang akan terus terpuruk,” ulasnya.

Siswaryudi optimistis kondisi Indonesia juga akan membaik. 

Menurut dia, nelayan Indonesia akan tetap bisa melaut untuk memenuhi kebutuhan hidupnya juga pasokan pangan di dalam negeri maupun luar negeri.

“Nelayan Indonesia mendukung upaya pemerintahan Jokowi untuk memulihkan situasi. Langkah-langkah yang dilakukan, masih mending. Asal jangan lockdown sajalah,” jelasnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar