Yamaha

Kebijakan DKI Setop Bus AKAP Ditunda, Ini Penjelasan Kemenhub

  Selasa, 31 Maret 2020   Editor
Terminal Kalideres, Jakarta Barat (Suara.com)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Kebijakan Pemprov DKI Jakarta untuk menghentikan mobilisasi angkutan umum bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Antar Jemput Antar Provinsi (AJAP) dan Pariwisata dari dan ke luar Ibu kota telah ditunda. 

Penundaan ini merupakah arahan dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

"Iya betul memang diminta ditunda dulu," ujar Jurubicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati saat dikonfirmasi, Selasa (31/3/2020).

Adita menjelaskan, alasan penundaan karena masih menunggu kajian yang dikerjakan pemerintah terkait dampak pelarangan mudik pada lebaran nanti. Terutama bagi pekerja sektor informal yang banyak singgah di Jakarta.

"Mereka juga mesti diperhatikan keberlangsungan hidupnya selama ada di Jakarta," terang Adita.

Sejatinya, operasional bus AKAP dan AJAP diberhentikan sementara sejak Senin (30/3) kemarin. Hal ini sesuai dengan surat dari Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo terkair penyetopan operasional bus di DKI Jakarta.

Namun, Jurubicara Menko Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi mengatakan, kebijakan pelarang mudik ini terus dimatangkan. Pemerintah kata dia, sedang mengkaji dampak ekonomi bagi masyarakat yang tidak mudik tersebut.

"Presiden meminta dilakukan kajian kembali bagaimana mitigasi dari sisi ekonomi khususnya kepada masyarakat yang terdampak," kata Jodi kepada wartawan.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar