Yamaha

3 Jenis Makanan Ini Bisa Tingkatkan Mood dan Imun Tubuh Selama Isolasi

  Rabu, 01 April 2020   Widya Victoria
FibreFirst Makanan untuk Mood & Imun

AYOJAKARTA.COM -- Dengan jumlah kasus COVID-19 yang semakin meningkat, pemerintah semakin gencar untuk menerapkan jaga jarak dengan orang lain (physical distancing). 

Sebagai makhluk sosial, melakukan isolasi diri dengan menjaga jarak dengan orang lain, terkadang membuat kita merasa cemas, khawatir, dan bosan, bahkan marah. Tapi ternyata perubahan pola makan atau mengonsumsi makanan tertentu dapat membawa perubahan pada struktur otak kita, baik secara kimia maupun fisiologis.

“Selain mood, kesehatan dan imun tubuh pun juga otomatis akan terpengaruh dari apa yang kita makan karena faktanya adalah 70 persen sel imun tubuh bersumber dari sistem pencernaan, jadi ketika sistem pencernaan sehat otomatis imun tubuh jadi kuat,” tutur Nourmatania Istiftiani, SKM dari FibreFirst.

Nah, berikut adalah beberapa jenis makanan yang bisa kamu konsumsi di rumah, selain untuk tingkatkan mood juga untuk tingkatkan imun tubuh.

Oat atau gandum utuh

Sarapan dengan oat ternyata dapat meningkatkan mood, kita dapat mengonsumsinya dengan menambahkan susu atau yogurt, dan beragam kacang-kacangan serta buah-buahan. Dalam delapan sendok makan oat yang belum diolah (80 gram) mengandung 8 gram serat. 

Sebuah studi menunjukkan dengan mengonsumsi 1.5-6 gram serat saat sarapan dapat memiliki mood dan level energi yang lebih baik. Hal ini disebabkan serat dapat menjaga kestabilan kadar gula darah, yang penting untuk menjaga mood dan rasa marah. Selain itu, oat juga mengandung zat besi sehingga membantu mencukupi asupan zat besi dan mencegah anemia defisiensi besi. Saat kita mengalami anemia defisiensi besi, kita akan merasakan gejala seperti kelelahan, lesu, juga gangguan mood.

Yoghurt

Produk olahan susu ini dibuat dengan cara fermentasi dan mengandung probiotik, yang termasuk bakteri baik di sistem pencernaan dan dapat meningkatkan hormon serotonin. Peran hormon serotonin sangat penting dalam mengelola mood atau suasana hati, termasuk mencegah depresi. Faktanya, 90 persen hormon serotonin diproduksi oleh kumpulan bakteri baik di pencernaan dan banyaknya bakteri baik juga menjadi indikator untuk pencernaan yang sehat. 

Selain itu, bakteri baik di pencernaan juga berperan penting dalam kesehatan otak dan menurunkan tingkat depresi. Studi menunjukkan Jadi dapat dikatakan bahwa pencernaan yang sehat akan memberikan efek yang positif terhadap mood.

Buah dan sayuran

Konsumsi buah dan sayuran berhubungan dengan penurunan tingkat depresi. Meskipun mekanismenya belum diketahui secara pasti, namun konsumsi makanan yang tinggi antioksidan membantu untuk mengurangi peradangan yang berhubungan dengan timbulnya depresi dan gangguan mood. 

Selain itu, karena buah dan sayuran juga tinggi akan serat yang dapat mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan pencernaan karena dapat menjadi prebiotic yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di pencernaan. Saat sistem pencernaan sehat, mood akan menjadi lebih baik, dan imun tubuh pun akan secara optimal membuatmu kebal terhadap penularan virus atau penyakit!

Dari tiga jenis makanan di atas rata-rata memiliki kandungan serat yang berarti serat itu memiliki peran penting. Dilansir dari seorang narasumber pada sesi talkshow di sebuah radio nasional, dr. Hilna Khairunisa Shalihat M.Gizi, Sp.GK pun setuju dan mengibaratkan tentara dan polisi, serat dapat menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat.

Serat terpenuhi, sistem pencernaan jadi sehat, mood dan imun tubuh pun meningkat. Selain mengonsumsi jenis-jenis makanan seperti di atas, kamu juga dapat meningkatkan mood dan imun tubuh kamu dengan mengonsumsi suplemen seperti FibreFirst.

FibreFirst memiliki kandungan serat premium, antara lain Psyllium Husk, Inulin, Oat Fibre, dan Wheatgrass. Sedangkan nutrisi dari ekstrak buah dan sayuran yang terkandung dalam FibreFirst antara lain apel, nanas, wortel, jeruk, tomat, bayam, dan seledri. 

FibreFirst juga mengandung Spirulina yang dikenal kaya akan antioksidan, yang membantu melindungi tubuh dari peradangan akibat radikal bebas. Selain itu, dengan FibreFirst, maka proses detoksifikasi pada sistem pencernaanmu akan maksimal sehingga bersih dari racun, kolesterol, dan zat berbahaya lainnya. Cukup satu sachet sebelum tidur setiap harinya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar