Yamaha

Kisah Penggali Kubur Jenazah Covid-19 di Jakarta, Sehari Bisa Gali 15 Liang Lahat

  Rabu, 01 April 2020   Fitria Rahmawati
Nali (45), penggali kubur jenazah virus Corona di TPU Pondok Ranggon, Jaktim. (Suara.com: Bagaskara Isdiansyah)

AYO BACA : Corona di Jakarta: 51 Sembuh, 87 Wafat, dan 794 Positif

AYO BACA : Ini Kriteria Orang yang Dapat Prioritas Rapid Test di Jakarta

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM - Wabah corona banyak menyisakan kisah pilu dari masyarakat, tak terkecuali bagi para penggali kubur di makam khusus pasien meninggal karena Covid-19. Adalah Nali (45), salah satu petugas pengubur jenazah Covid-19 dari Dinas Kehutanan Jakarta Timur.

 
Nali mengaku pemandangan di makam khusus pasien Covid-19 di Taman Pemakaman Umum (TPU) Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur memang berbeda. Ia menceritakan dalam sehari bisa menggali 15 liang lahat untuk menguburkan jenazah pasien Covid-19 yang meninggal.
 
"Dari 2 minggu yang lalu (mulai mengubur korban). Banyak sih (nguburin) udah dua minggu ini. Biasanya cuma ngubur 2 (jenazah)," kata Nali ditemui di TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur, Rabu (1/4/2020).
 
Nali mengatakan, bahwa jenazah korban COVID-19 mulai datang secara terus menerus dalam kurun waktu dua minggu terakhir.
 
Bahkan menurut Nali, dalam dua minggu terakhir ini saja dirinya bisa menguburkan jenazah korban COVID-19 lebih dari 10 jenazah perharinya.
 
"9 pak (jenazah hari ini), 10 ini sama barusan. Nanti 8 (jenazah) lagi dateng," kata dia.
 
"Sehari malah bisa 15 (jenazah dikuburkan) 2 minggu ke sini ramainya. Dari minggu lalu sampai minggu ini," sambungnya.
 
Kendati begitu, Nali dan kawan-kawan yang lain mengaku senantiasa semangat melakukan tugasnya melakukan proses pemakaman jenazah korban COVID-19. Hal itu dilakukan dengan dalih tuntutan tugas.
 
"Takut sih pak, takut mah takut. Tapi tugas bagaimana?"
 
Nali mungkin belum bisa menghentikan rasa khawatirnya atas wabah yang kini tengah menimpa masyarakat luas. Pasalnya, angka kematian akibat Covid-19 di DKI Jakarta hingga Rabu (1/4/2020) mencapai 87 jiwa. Sedangkan kasus positif Covid-19 sebanyak 794 positif. Angka kesembuhan hanya mencpai 51 kasus.
 
Kasus corona skala nasional pun terus meningkat. Tercatat hingga Rabu (1/4/2020), jumlah pasien positif terinfeksi virus corona (Covid-19) di Indonesia, mencapai 1.677 kasus. Dari jumlah itu, korban meninggal mencapai 157 jiwa, dan jumlah yang sembuh 103 orang.

AYO BACA : 84 Tenaga Medis Jakarta Positif Covid-19, 2 Sedang Hamil, 1 Meninggal

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar