Yamaha

Kemenkumham Jateng Bebaskan Bersyarat 351 Narapidana

  Rabu, 01 April 2020   Budi Cahyono
Ilustrasi

SEMARANG, AYOSEMARANG.COM -- Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Tengah memberikan bebas bersyarat bagi ratusan narapidana yang tersebar di 46 lapas dan rutan di Jawa Tengah.

AYO BACA : Pembebasan Tagihan dan Diskon Listrik Bertahap Mulai Hari Ini

Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkumham Jawa Tengah, Marasidin Siregar mengatakan langkah tersebut menindaklanjuti kebijakan Menkumham yang menerbitkan aturan Permenkumham Nomor 10 Tahun 2020 mengenai antisipasi wabah virus corona (Covid-19) di seluruh Indonesia.

AYO BACA : Polda Jateng Tangani Laporan Pernikahan Anak 7 Tahun dengan Pria 50 Tahun

“Kita menindaklanjuti Permenkumham Nomor 10 tentang penanggulangan Covid-19. Sebanyak 351 dipastikan sudah bisa bebas mulai hari ini. Pembebasan kita lakukan secara serentak, ujarnya,” Rabu (1/4/2020).

Pembebasan bersyarat tersebut, mengingat pula sejumlah ruang tahanan di lapas dan rutan saat ini sudah overload. Sedangkan pihaknya harus melakukan social distancing.

Adapun syarat dalam pembebasan tersebut ialah, narapidana memiliki masa hukuman di bawah lima tahun, harus sudah menjalani pidana dua pertiga dari vonis hukuman dan dinyatakan berkelakuan baik selama menjalani masa pidana. 

“Untuk kasus Tipikor dan terorisme tidak kita bebaskan karena tidak masuk dalam PP Nomor 99,” terangnya. (Vedyana Ardyansah)

AYO BACA : Wakil Bupati Tegal Donasikan Gaji 6 Bulan untuk Penanganan Covid-19

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar