Yamaha

Duh, Rupiah Keok Dekati Rp17 Ribu

  Kamis, 02 April 2020   Fitria Rahmawati
Suasana gerai penukaran uang di Jakarta. (Foto: Suara.com)
AYO BACA : 5 Tips Kerja Efektif dan Produktif Versi Grab

AYO BACA : Jangan Paranoid!

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM - Lagi-lagi rupiah harus keok dihantam pandemi corona. Dari data kurs tengah Bank Indonesia (JISDOR) Kamis (2/4/2020) tepat pada pukul 10:00 Wib nilai tukar rupiah berada di posisi Rp 16.741 posisi ini melemah dibandingkan pada hari sebelumnya yang berada di level Rp 16.413.
 
Sementara itu, data dari RTI, nilai tukar rupiah berada di level Rp 16.450 per dolar AS. Sementara mengutip Bloomberg, nilai tukar rupiah pada perdagangan pagi dibuka tertekan ke level Rp 16.505 per dolar AS.
 
Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra sebelumnya telah memprediksi pergerakan rupiah pada Kamis (2/4/2020) ini melemah terhadap dolar AS.
 
Menurut pengamatannya, harga aset berisiko terlihat masih negatif terdampak pandemi virus corona. Apalagi, kasus positif Covid-19 di AS sudah menyentuh angka 200 ribu jiwa. Peningkatan juga terjadi di Italia, Inggris, termasuk Indonesia.
 
Bila ini terus berlanjut, pasar mengkhawatirkan ekonomi bakal terus tertekan seperti data-data ekonomi yang baru saja dirilis.
 
Selain itu, pasar masih nyaman untuk keluar dari aset berisiko karena peningkatan penyebaran wabah covid-19.
 
Tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS tenor 10 tahun terlihat kembali melemah ke kisaran 0,57 persen mendekati level terendah sepanjang masa yang terjadi tanggal 9 Maret 2020 di 0,36 persen.
 
Ini bisa mengindikasikan permintaan terhadap obligasi tinggi sehingga harga naik dan tingkat imbal hasilnya turun.

AYO BACA : Kadishub DKI: SE BPTJ Hanya Rekomendasi, Enggak Perlu

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar