Yamaha

Pandemi Corona, Dewan Kebon Sirih: Anies Mestinya Permudah Layanan KJP dan KJMU

  Kamis, 02 April 2020   Widya Victoria
anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Steven Setiabudi Musa (dok pribadi)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebaiknya fokus memberikan kemudahan pada warga yang semakin tertekan dari ancaman persebaran virus corona. Dalam konteks itu pemegang KJP (Kartu Jakarta Pintar) dan KJMU ( Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul) sebagai bagian dari elemen masyarakat yang layak untuk mendapatkan bantuan.

"Pak Gubernur seyogyanya tidak hanya bicara soal lockdown atau karantina wilayah. Masih banyak yang bisa dilakukan untuk membuat warga Jakarta lebih tenang di tengah ancaman corona ini," ujar anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Steven Setiabudi Musa dalam siaran pers, Kamis (2/4/2020).

Steven menerangkan, salah satu langkah realistis tersebut dengan mempercepat hak pemegang atau penerima KJP dan KJMU. Kalau selama ini bantuan tunai KJP dan KJMU hanya bisa diambil sebulan sekali, nantinya dapat diambil seminggu sekali.

"Itu pasti sangat membantu. Berikan mereka Rp 150 ribu per minggu. Pemprov bisa koq," kata politisi muda PDI Perjuangan itu. 

Menurut Steven, kebijakan tersebut tidak sulit untuk direalisasikan karena dananya ada dan sudah dialokasikan. "Tinggal dipecah saja, untuk diambil setiap minggu," cetusnya. 

Dana tunai KJP diberikan kepada siswa SD, SMP dan SLTA dengan jumlah bervarian. KJP sangat membantu kalangan orangtua, khususnya dari keluarga kurang atau tidak mampu. 

Sementara, KJMU diberikan pada kalangan mahasiswa dan baru bisa diberikan di akhir bulan, walau pencairannya kadang bisa dua atau tiga bulan sekali.

Steven menekankan, pandemik corona yang menjadi ancaman setiap orang, termasuk warga DKI Jakarta, membutuhkan penanganan serius. Apalagi, Jakarta disebut-sebut sebagai episentrum persebaran virus tersebut. 

Kendati demikian, Steven yang sudah dua periode menjadi anggota dewan meminta para pimpinan daerah tidak sekadar bicara soal penutupan wilayah.

"Kenyamanan warga juga harus terus diperhatikan, termasuk para pemegang kartu KJP dan KJMU tersebut. Mereka itu dari elemen masyarakat yang sangat membutuhkan bantuan," jelas yang di periode sebelumnya duduk di Komisi E membidangi kesejahteraan rakyat. 

Steven menambahkan, dengan adanya kebijakan itu bisa membuat masyarakat di masa ancaman virus corona sekarang lebih tenang dan nyaman saat harus tinggal di rumah lebih lama lagi. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar