Yamaha

Sebar Hoaks Pembunuhan Massal Berkedok Covid-19, Pria di Bogor Dibekuk Polisi

  Kamis, 02 April 2020   Husnul Khatimah
Kasatreskrim Polres Bogor, AKP Benny Cahyadi (dok)

BOGOR, AYOJAKARTA.COM -- Polres Bogor mengungkap kasus penyebaran informasi bohong (hoaks) melalui akun sosial media Instagram yang bernuansakan Covid-19.

AYO BACA : Polisi Dilarang Bergaya Hidup Mewah, Kompolnas Minta Kompol Fahrul Diusut

Kasatreskrim Polres Bogor, AKP Benny Cahyadi, mengatakan dalam pengungkapan kasus ini polisi membekuk seorang tersangka berinisial U sebagai penyebar berita hoaks.

AYO BACA : Bima Arya Ceritakan Masa Jalani Isolasi Covid-19

"Berita hoaks pada sebuah konten video yang diunggah melalui Instagram dengan durasi 48 detik yang berjudul pembunuhan massal berkedok virus corona yang telah disaksikan sebanyak 1.574 kali serta dikomentari oleh 31 akun," ujar Beny, Kamis (2/4/2020).

Tersangka inisial U dengan usia 58 tahun ini ditangkap oleh personel Satreskrim Polres Bogor, di daerah Pamijahan, Kabupaten Bogor pada Minggu (22/3/2020) lalu, dengan barang bukti berupa dua telepon selular dan satu buah flashdisk yang berisikan konten hoaks. 

Terhadap tersangka dikenakan pasal 14 dan atau pasal 15 Undang-Undang Nomor 01 tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. 

"Siapa yang menyiarkan kabar yang tidak pasti atau kabar yang berkelebihan atau yang tidak lengkap, sedangkan ia mengerti setidak-tidaknya patut dapat menduga, bahwa kabar demikian akan atau mudah dapat menerbitkan keonaran di kalangan rakyat maka ancaman pidana penjara di atas 3 tahun," kata Benny.

AYO BACA : Satu WNI di Belgia Positif Covid-19, Ini yang Dilakukan KBRI

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar