Yamaha

Baru Dirintis, Bisnis Kuliner Pemain Persib Ini Tutup Akibat Corona

  Jumat, 03 April 2020   Budi Cahyono
Gian Zola (Ayobandung/Eneng)

BANDUNG, AYOJAKARTA.COM -- Beberapa bulan belakangan ini, dunia dihebohkan dengan kehadiran Covid-19. Virus yang ditemukan di Kota Wuhan, Tiongkok ini sudah tersebar ke banyak negara di dunia dan melumpuhkan sebagian kehidupan di dalamnya.

Dalam hal ini, beberapa sektor perekonomian global hampir mengalami kelumpuhan. Bahkan virus corona masih terus mengganggu pertumbuhan ekonomi dunia, termasuk Indonesia. Pandemi corona ini juga membuat lesu sektor usaha di masyarakat, dari kaki lima, pelaku usaha kecil dan menengah, hingga perusahaan multinasional.

Pemain Persib Bandung yang juga terjun di dunia bisnis kuliner, Gian Zola tak menampik, pandemi virus corona ini membuat bisnis usaha kuliner miliknya terganggu. Bahkan usaha ayam geprek yang baru dua bulan dirintisnya terpaksa tutup untuk sementara waktu sejak Covid-19 masuk ke Indonesia.

AYO BACA : Lawan Covid-19, Pemain Persib Putri Lelang Jersey

"Ganggu. Usaha ayam geprek saya berhenti dulu sejak kasus corona merebak. Iya tutup, mungkin orang pada takut ke luar rumah. Jadi saya pilih tutup aja," kata Zola melalui sambungan telepon, Jumat (3/4/2020).

Meski begitu, Zola cukup beruntung. Pasalnya meski pemasukan dari usahanya tersendat, namun jebolan Diklat Persib itu tidak rugi mengalami kerugian berarti. Alasannya, usaha tersebut baru mulai dan tempat berjualannya menggunakan bangunan milik sendiri. Alhasil Zola mengaku, tidak harus mengeluarkan biaya sewa untuk tempat berjualannya.

"Enggaklah, baru buka dua bulan. Sehari juga baru lima ekor ayam rata-rata. Enggak ada (uang sewa). Sekarang kan pakai tempat sendiri. Enggak ngontrak lagi," katanya.

AYO BACA : Donasikan Rp100 Juta Melawan Corona, Ini Harapan Marko Simic

Di sisi lain, demi menyambung nasib usaha,  banyak pedagang biasanya mengandalkan penjualan online di tengah pandemi ini. Namun, Zola mengaku, belum berniat mengikuti langkah tersebut. Dia mengaku masih akan berjualan secara offline.

"Enggak lah. Masih berpikir jualan yang umum aja. Belum kepikiran pakai online. Step by step aja," ucapnya.

Sementara itu, Zola mengatakan, usaha ayam gepreknya ini akan dirintis secara serius. Maklum bagi sejumlah pesepak bola profesional, berbisnis kerap dijadikan tabungan masa depan. Bahkan banyak pesepak bola yang memilih bisnis salah satunya di bidang kuliner untuk menambah penghasilan atau sekadar menyalurkan hobi. Tak tanggung-tanggung, Zola juga mengaku akan merintis bisnis lain yang berhubungan dengan profesinya.

"Pastinya diseriusin. Bisnis ini bakal jalan terus. Makanya, minggu depan, insyaallah mau buka lagi. Ada rencananya bisnis lain juga (buka) mini soccer. Saya lagi nyari lahannya," ujarnya. (Eneng Reni Nuraisyah Jamil)

AYO BACA : Otavio Dutra Tunggu Keputusan Persija Soal Gaji Pemain

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar