Yamaha

Rekomendasi Terbaru CDC: Setiap Orang Wajib Pakai Masker Kain di Tempat Umum

  Minggu, 05 April 2020   Widya Victoria
Masker Kesehatan Dari Kain (Shutterstock)

AYOJAKARTA. COM -- Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Center Disease Control and Prevention/CDC) Amerika Serikat pada Jumat (3/4/2/2020) lalu, merekomendasikan orang-orang harus mengenakan penutup wajah/masker ketika berada di tempat umum selama pandemi COVID-19. Masker dimaksud CDC berbahan kain dan non-bedah. 

Sampai sekarang, CDC telah merekomendasikan bahwa petugas kesehatan dan orang yang menderita COVID-19 maupun menunjukkan gejala, orang yang sehat ketika merawat seseorang yang sakit dengan virus jenis baru penyebab COVID-19 agar mengenakan masker. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga merekomendasikan hal yang sama. 

Namun, karena semakin banyak pengetahuan tentang virus ini terungkap, menjadi jelas bahwa orang tanpa gejala dapat menyebarkan virus.

Dilansir Live Science, CDC telah menemukan sekitar 25 persen orang dengan COVID-19 mungkin tidak menunjukkan gejala. Selain itu, sebuah studi terbaru menemukan bahwa COVID-19 kemungkinan menginfeksi  ketika gejalanya paling ringan. Ini berarti bahwa orang mungkin menyebarkan virus sebelum menyadari bahwa mereka terpapar.

"Ini berarti bahwa virus dapat menyebar di antara orang-orang yang berinteraksi dalam jarak dekat - misalnya, berbicara, batuk atau bersin - bahkan jika orang-orang itu tidak menunjukkan gejala," kata CDC dalam sebuah pernyataan resmi. 

 "Mengingat bukti baru ini, CDC merekomendasikan untuk mengenakan penutup wajah kain di tempat umum di mana langkah-langkah jarak sosial lainnya sulit dipertahankan."

Di bawah rekomendasi baru, orang sehat disarankan untuk memakai penutup wajah mulut dan hidung - termasuk masker buatan sendiri, syal atau bandana - ketika mereka pergi ke area publik, seperti toko kelontong atau apotek.

Seperti sebelumnya, CDC tidak merekomendasikan publik memakai respirator N95, yang menyaring 95 persen partikel di udara. Sebab, masker ini harus disediakan untuk petugas kesehatan yang terkena virus setiap hari, kata CDC. CDC juga tidak boleh memakai masker bedah umum, yang juga dibutuhkan oleh petugas kesehatan.

Karena persediaan yang terbatas, beberapa petugas kesehatan sekarang menggunakan respirator N95 mereka, meskipun respirator ini dirancang hanya untuk sekali pakai.

" adalah persediaan penting yang harus terus dicadangkan untuk petugas kesehatan dan responden medis pertama lainnya," kata CDC.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar