Yamaha

Rekam Jejak Riza Patria, Wagub DKI Pendamping Anies

  Senin, 06 April 2020   Editor
Ahmad Riza Patria

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM -- Ahmad Riza Patria berhasil meraup mayoritas suara anggota dewan dalam pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta, hari ini (Senin, 6/4/2020).

Dia mengalahkan pesaingnya dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Nurmansjah Lubis. 

Berdasarkan hasil rapat paripurna yang digelar di DPRD DKI Jakarta, Ketua DPP Gerindra ini terpilih dengan perolehan 81 suara.

Riza akan mengisi kursi DKI 2 yang ditinggal Sandiaga Uno sampai 2022 di sisa waktu jabatan yang tersisa.

Nama Ahmad Riza Patria sendiri tak asing di dunia politik Tanah Air. Pria kelahiran Banjarmasin pada 17 Desember 1969 ini merupakan putra dari Ketua MUI periode 1995 sampai 2015, Amidhan Shaberah.

Pria lulusan sarjana Teknik Sipil, Institut Sains dan Teknologi Nasional, Jakarta pada 197 ini pernah menjabat sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum (KPUD) DKI Jakarta periode 2003 hingga 2008.

Terjerat Kasus Korupsi

Saat menjabat sebagai Kepala Divisi II KPUD DKI Jakarta tahun 2005, Riza didakwa melakukan tindak korupsi pengadaan barang dan jasa Pemilu 2004. Ia didakwa melakukan korupsi hingga merugikan negara sebesar Rp 29,8 miliar.

Tak sendirian, Riza didakwa bersama Ketua KPUD DKI Jakarta saat itu, M Taufik --sekarang Ketua DPD Gerindra dan Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, dan Bendahara KPUD DKI Jakarta, R Neneng Euis Susi Palupi.

Dilansir dari antikorupsi.org, penyelewengan itu terjadi dalam 12 item pengadaan barang untuk pemilihan umum, seperti rompi, papan tulis, dan tiang bendera.

Karena dugaan keterlibatannya, Riza akhirnya ditahan di Rutan Salemba Jakarta sejak Juni 2005. Namun, Riza sendiri mengaku menjadi korban dari situasi politik saat itu.

Belakangan, Riza akhirnya terbebas dari kasus itu setelah sempat dituntut 1 tahun 6 bulan penjara. Sementara Taufik divonis 1 tahun 6 bulan dan Neneng 1 tahun 3 bulan.

Jadi Wakil Rakyat

Usai bebas dari jeratan hukum, Riza mulai mengepakkan sayap di dunia politik Ia mencoba peruntungannya menjadi wakil rakyat dan sukses melenggang ke Senayan pada 2014 dan kembali terpilih pada 2019.

Tak tanggung, Riza juga sukses menduduki posisi cukup strategis di parlemen. Ia menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPR RI sekaligus Wakil Ketua Fraksi MPR RI periode 2014-2019.

Pada periode selanjutnya yakni 2019-2024, Riza kembali mendapatkan posisi strategis dengan menjadi Wakil Ketua Komisi V DPR dan Ketua Fraksi Gerindra MPR.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar