Yamaha

5 Jurus Tingkatkan Kecepatan Internet di Rumah

  Senin, 06 April 2020   Budi Cahyono
Ilustrasi (Skyegrid)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Banyak orang mengandalkan internet untuk bekerja dan belajar saat melakukan kegiatan di rumah saja dan menjaga jarak fisik sesuai arahan pemerintah guna memutus penyebaran Covid-18.

Sejalan dengan lonjakan penggunannya, membuat kecepatan internet melambat dan kondisi tersebut bisa menghambat produktivitas. 

Dilansir laman Science Alert, Senin (6/4/2020), berikut 5 jurus yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecepatan internet di rumah:

1. Alasan mengapa internet lambat

Ada banyak alasan mengapa kecepatan internet pengguna lambat. Penggunaan Internet memerlukan koneksi yang andal antara perangkat dan tujuan, yang mungkin merupakan server yang secara fisik terletak di tempat yang jauh. Koneksi pengguna ke server itu bisa melewati ratusan perangkat dalam proses perjalanannya. Masing-masing perangkat dalam proses itu hingga mencapai tujuan memiliki potensi kegagalan atau titik lemah.

Jika satu titik di sepanjang jalur ini tidak berfungsi secara optimal, ini dapat secara signifikan mempengaruhi pengalaman internet pengguna. Server web khususnya sering dipengaruhi oleh faktor-faktor eksternal, termasuk serangan Denial of Service (DOS), di mana lalu lintas yang berlebihan menyebabkan kemacetan di server.

AYO BACA : Dampak Corona, Omzet Penjualan Kain Sutra di Tasik Anjlok 90 Persen

Meskipun pengguna tidak memiliki kendali atas hal-hal ini dari jaringan rumah, bukan berarti pengguna tidak memiliki opsi untuk meningkatkan kecepatan internet.

2. Penguat sinyal Wi-Fi

Jalur akses (router nirkabel) di jaringan rumah pengguna digunakan untuk menghubungkan perangkat ke penyedia layanan internet pengguna. Sebagian besar titik akses menyediakan sinyal nirkabel dengan saluran terbatas yang dapat mengalami gangguan dari sinyal terdekat, contohnya adalah sinyal dari tetangga pengguna.

"Saluran" adalah sejenis "pipa" virtual yang digunakan untuk mentransfer data. Meskipun perangkat pengguna dirancang untuk menghindari gangguan dengan berpindah saluran secara otomatis, itu mungkin membantu untuk memeriksa pengaturan router pengguna karena beberapa perangkat ditetapkan ke saluran tunggal secara default. Saat mencoba berbagai opsi untuk mengurangi interferensi, disarankan untuk memilih saluran 1, 6, atau 11 karena dapat membantu meminimalkan masalah (untuk nirkabel 2.4GHz).

3. Ubah posisi router

Jika router pengguna mendukung sinyal Wi-Fi 5GHz, beralih ke pengaturan ini dapat memberikan kecepatan data yang lebih cepat tetapi jarak yang lebih pendek. Karenanya, ubah posisi router untuk jangkauan terbaik (biasanya dalam posisi sentral).

AYO BACA : Di Tengah Pandemi Corona, Ekspor Sarung Produksi Tegal Meningkat

Perbedaan antara sinyal Wi-Fi 2.4GHz dan 5GHz adalah keduanya memiliki kecepatan transmisi data yang berbeda. 5GHz dapat mentransfer data lebih cepat, tetapi 2.4GHz menyediakan jangkauan yang lebih luas. Jika pengguna menginginkan kecepatan, pilih 5GHz. Untuk jangkauan yang lebih baik, pilih 2.4GHz.

Selain itu, beberapa peralatan rumah tangga dapat menyebabkan gangguan pada router. Sebaiknya periksa apakah menggunakan oven microwave atau telepon nirkabel memengaruhi koneksi karena peralatan rumah tangga mungkin menggunakan frekuensi yang sama dengan router pengguna.

4. Virus dan malware

Untuk menghindari virus komputer, pastikan pengguna secara teratur memeriksa pembaruan pada perangkat dan menggunakan perangkat lunak antivirus. Pengguna juga perlu me-reboot router untuk menghapus malware tertentu, seperti VPNFilter.

Pengguna juga harus memeriksa hal-hal seperti apakah router pengguna perlu diganti dengan model yang lebih baru karena penurunan kecepatan mungkin terjadi jika router telah digunakan selama bertahun-tahun. Model yang lebih baru mendukung fungsi yang ditingkatkan dan kecepatan internet yang lebih cepat Selain model, apakah firmware router nirkabel pengguna telah diperbarui karena ini akan membantu memperbaiki masalah dan memungkinkan fungsionalitas tambahan.

5. Memperbaiki masalah jaringan ISP

Meskipun pengguna telah berusaha untuk memperbaiki masalah dan mengoptimalkan pengaturan router di dalam rumah, sayangnya pengguna tidak dapat mengoptimalkan kinerja jaringan di luarnya. Karenanya, pengguna dapat menghubungi pusat panggilan penyedia layanan internet (ISP) pengguna dan mencari dukungan serta solusi.
 

AYO BACA : Moto G8 Power Lite Jagoan Baru Motorola, Intip Spesifikasinya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar