Yamaha

Krisis Corona, Pemerintah Singapura Beri Dana Sosial Rp6,9 Juta untuk Warganya

  Senin, 06 April 2020   Budi Cahyono
Singapura (dok Ayobandung)

SINGAPURA, AYOJAKARTA.COM – Pemerintah Singapura mengeluarkan dana sosial, Solidarity Payment kepada warga Singapura yang berusia 21 tahun ke atas. Dana sosial tersebut sebesar 600 dolar Singapura atau sekitar Rp6,9 juta diberikan ke warga akibat krisis corona.

Menyadur dari Straits Times, Wakil Perdana Menteri Singapura, Heng Swee Keat mengumumkan saat konferensi pers pada Senin (6/4/2020), dana sosial Solidarity Payment ini akan diberikan kepada seluruh warga yang berusia 21 tahun ke atas.

Jumlah ini meningkat tiga kali lipat dari dana bantuan yang pernah diberikan. Pemerintah Singapura telah memberikan bantuan senilai 100 dolar Singapura pada bulan Februari dan 300 dolar Singapura pada Maret lalu.

AYO BACA : Menkes Tolak Pemberlakuan PSBB Jakarta

Selain memberikan bantuan kepada warga berusia 21 tahun ke atas, Pemerintah Singapura juga memberikan bantuan senilai 300 dolar Singapura untuk setiap orang tua yang memiliki anak berusia 20 tahun ke bawah.

Para warga berusia 50 tahun ke atas juga akan mendapat bantuan top-up Passion Card senilai 100 dolar Singapura yang diajukan pada Juni mendatang.

Wakil Perdana Menteri Heng mengatakan, dana sosial ini akan dikirim langsung ke rekening bank warga paling lambat pada 14 April.

AYO BACA : Data Nasional Tak Sinkron, BNPB Bikin Aplikasi Lawan COVID-19

Sementara sisanya akan menerima pembayaran secara tunai yang akan dikeluarkan secara bertahap mulai 30 April mendatang.

Heng menjelaskan bahwa bantuan ini tidak untuk seluruh masyarakat.

"Tidak semua orang akan membutuhkan bantuan tunai ini," kata Wakil Perdana Menteri Heng.

"Saya sangat terdorong karena banyak yang menulis surat pada saya, kolega, menteri dan anggota parlemen saya, bahwa mereka tidak memerlukan bantuan tunai ini. Mereka juga menyarankan agar kami memberikan ini kepada mereka yang membutuhkan uang lebih banyak. Saya sangat berterima kasih kepada sesama warga Singapura atas perhatian Anda," jelas Heng.

Heng juga menjelaskan bahwa pemerintah terbuka untuk menampung donasi dan bantuan sosial terkait penanganan Covid-19 di Singapura.

Warga yang merasa masih memerlukan bantuan juga dapat menghubungi Kantor Layanan Sosial dan Pusat Komunitas untuk mengajukan skema Dana Bantuan Sementara dan Hibah Dukungan Covid-19.

AYO BACA : Disnakertrans Usul Pendataan Korban PHK dan Dirumahkan Dibuka Lagi

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar