Yamaha

DKI Buka Tahap II Pendaftaran Pekerja PHK Akibat Corona Hingga Besok

  Rabu, 08 April 2020   Widya Victoria
Ilustrasi program Kartu Pra Kerja

JAKARTA PUSAT, AYOJAKARTA.COM -- Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi (Nakertrans) dan Energi DKI Jakarta membuka pendaftaran program Kartu Pra Kerja tahap kedua bagi pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) dan dirumahkan tanpa digaji (unpaid leave).

Para pekerja yang di-PHK atau dirumahkan bisa mengakses bit.ly/pekerjaterdampakcovid19-2 agar bisa terdata.

Kepala Dinas Nakertrans dan Energi DKI Jakarta, Andri Yansyah mengatakan, pendaftaran tahap kedua ini dbuka pada 8-9 2020. 

"Batas waktu pendataan tahap kedua ini sampai 9 April 2020. Bagi yang sudah mengisi pendataan tahap sebelumnya, dilarang kembali mengikuti pendataan tahap kedua ini," ujarnya, Rabu (8/4/2020) dilansir Berita Jakarta.

Andri menuturkan, Dinas Nakertrans dan Energi telah melakukan sosialisasi terkait adanya pendataan tahap kedua tersebut.

"Kami sudah informasikan melalui Whatsapp blast kepada serikat dan federasi pekerja, APINDO, Kadin, anggota dewan pengupahan, dan ketua asosiasi lainnya. Cuma sekarang lebih kencang ini karena bagian percepatan pendataan," ucapnya.

Andri menjelaskan, data terakhir yang berhasil dihimpun sebanyak 18.045 perusahaan dan 202.584 pekerja terdampak COVID-19. Rinciannya, 30.137 pekerjaa mengalami PHK dan 172.447 lainnya dirumahkan tapi tidak digaji. 

"Ini data gabungan dengan pendataan tahap sebelumnya tanggal 2 sampai 4 April kemarin sampai saat ini," terangnya.

Ia memperbolehkan para pekerja KTP non-DKI untuk mendaftar karena pendataan ini untuk program Kartu Prakerja milik pemerintah pusat, bukan program Pemprov DKI.

Dinas Tenaga Kerja DKI hanya bertugas mendata para pekerja dan menyerahkan data tersebut kepada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Ketenagakerjaan. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar