Yamaha

Ini Alasan Warga Jabodetabek Dibagi Rp600 Ribu per Bulan saat Corona

  Jumat, 10 April 2020   Budi Cahyono
Presiden Joko Widodo. (Dok. BPMI)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Sebanyak 2,6 juta jiwa warga Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) akan diberi bantuan khusus bahan pokok di saat pandemi virus corona.

 

AYO BACA : Laboratorium IPB Kini Dioperasikan untuk Uji Spesimen Covid-19

Bantuan tersebut masing-masing sebesar Rp600 ribu per bulan selama tiga bulan ke depan. Lantas apa alasan Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberikan bantuan tersebut?

 

AYO BACA : Buruh Garmen di Cakung Jaktim Dirumahkan Tanpa Upah

Melalui akun Twitternya @jokowi, Presiden mengatakan, salah satu alasan pemberian bantuan tersebut adalah agar warga mengurungkan niatnya untuk mudik. Hal ini disebut sebagai salah satu ikhtiar atau upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Mengapa ada bantuan khusus untuk Jabodetabek? Kita berikan ini agar warga mengurungkan niatnya untuk mudik, sebagai ikhtiar memutus mata rantai penyebaran Covid-19," cuit Jokowi dalam Twitternya. Untuk diketahui, bantuan sosial tersebut akan diberikan kepada masyarakat lapisan bawah berbasis keluarga.

"Khusus Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, kita sedang menyiapkan bantuan sosial khusus untuk 3,7 juta berbasis keluarga," ujar Presiden Jokowi saat rapat terbatas tentang efektivitas penyaluran program jaring pengaman sosial melalui video conference di Istana Bogor, Selasa (7/4/2020).

Menurut mantan Wali Kota Surakarta itu, nantinya bantuan itu akan ditanggung oleh Pemprov DKI dan Pemerintah Pusat. Di mana Pemprov DKI menyiapkan bansos untuk 1,1 juta berbasis keluarga. Sementara Pemerintah Pusat menyiapkan bansos kepada 2,6 juta berbasis keluarga.

Sebelumnya, Jokowi menyatakan, pemerintah telah mengalokasikan anggaran Rp110 triliun untuk jaring pengaman sosial bagi masyarakat lapisan bawah untuk pemenuhan kebutuhan pokok akibat dampak pandemi corona.

AYO BACA : Positif Covid-19 di Kota Bogor Bertambah 6 Pasien

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar