Yamaha

Cerita Paskah yang Identik dengan Telur dan Kelinci

  Sabtu, 11 April 2020   Fitria Rahmawati
ilustrasi telur Paskah. shutterstock

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM - Perayaan Paskah bagi umat Kristiani membawa cerita yang erat dengan telur berwana warni, serta kelinci. Tak hanya ritual keagamaan saja yang dilaksanakan, namun ada juga festival mewarnai telur.

Tahukah kamu mengapa Hari Paskah Identik dengan telur dan juga kelinci?

AYO BACA : Lonjakan Permintaan Kebutuhan Pokok Selama PSBB Sudah Diantisipasi

Seperti dilansir dari Times of India, kelinci adalah simbol kuno kesuburan dan kehidupan baru. Dua gagasan itu sangat terkait dengan musim semi dan Paskah. Hubungan antara kelinci dan Paskah muncul pada abad ke-17 dan diperkenalkan ke Amerika kemudian oleh imigran Jerman.

Jerman juga memperkenalkan tradisi mereka tentang kelinci bertelur yang disebut 'Oschter Haws'. Festival ini menjadi favorit di antara anak-anak ketika mereka membuat sarang untuk kelinci Paskah untuk bertelur yang berwarna-warni dan dihiasi telur.

AYO BACA : Harga Pangan Melonjak, IKM Menjerit

Akhirnya, tradisi menyebar ke seluruh Amerika Serikat saat anak-anak menikmati berburu telur Paskah sebagai bagian dari festival. Sementara itu, konsep telur Paskah berasal dari tradisi Pagan.

Telur adalah simbol kesuburan dan pembaruan tetapi mereka dikaitkan dengan festival ini karena alasan praktis. Selama berabad-abad, gereja Kristen melarang telur bersama dengan makanan lain seperti daging, anggur, keju dan susu selama Prapaskah yang menjadi kesenangan khusus untuk makan lagi pada Paskah.

Prapaskah adalah periode puasa, penebusan dosa, pertobatan dosa dan penyangkalan diri yang berakhir kira-kira enam minggu kemudian, sebelum Paskah. Jadi, meski tidak ada yang bisa makan telur, mereka menghias dan mengecat telur untuk menandai akhir periode penebusan dosa dan puasa.

AYO BACA : Tak Kapok, Selebriti Reza Alatas Diciduk Karena Narkoba

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar