Yamaha

Cara Mengurangi Gawai pada Anak saat Di Rumah Aja

  Senin, 13 April 2020   Fitria Rahmawati
ilustrasi anak menggunakan gawai. shutterstock
AYO BACA : Sosialisasi Cegah Corona, Eks Kombatan Serahkan Senpi ke Satgas TNI

AYO BACA : Wabah Corona, Rogers Cup Women Ditunda Setahun

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM - Menghindarkan gawai dari anak selama masa karantina di rumah aja bukan hal yang mudah. Namun, ada sedikit teori yang bisa membantu orang tua membatasi ketergantungan gawai pada anak saat masa karantina.
 
Psikilog Anak dan Remaja, Vera Itabiliana mengatakan, memberi gawai pada nak adalah hal yang boleh dilakukan namun dengan aturan. Bahkan ia mengakui di masa seperti ini pemberian gawai pada anak bisa diberi sedikit kelonggaran.
 
"Kalau molor-molor (waktu bermain gawai) nggak apa-apalah, tapi jangan sampai setengah hari, kita tetap butuh kegiatan lain," ujar Vera dalam diskusi di Instagram live @mommiesdailydotcom, belum lama ini.
 
Ia mengatakan waktu bermain gawai pada anak berumur di atas 4 tahun, standarnya tidak boleh lebih dari 1 jam. Itu jika dalam kondisi ideal atau normal. Tapi dalam kondisi seperti ini tidak masalah diberikan lebih lama, tapi bukan berarti sampai setengah hari.
 
"Gawai boleh molor tapi jangan berlebihan juga, 1 jam-an untuk anak berumur 5 tahun," terangnya.
 
Selebihnya, lagi-lagi orang tua harus pintar mengatur waktu antara pekerjaan dan menemani anak di rumah. Salah satunya dengan membuat kegiatan belajar atau bermain secara langsung.
 
Jika ingin menonton gawai, arahkanlah pada kegiatan yang mendidik dan mengasah kreatifitas anak. Seperti menonton video handcraft, lalu menantang anak untuk membuat karya seni tersebut.
 
"Orang tua harus pintar bagi kerjaan dari kantor dan anak. Jadi kalau bisa nonton sesuatu yang art and craft, misalnya origami, setelah nonton anaknya dikerjakan untuk membuatnya, yang buat dia aktif. Intinya ajak anak bergerak," jelas Vera.
 
Perlu diingat juga, anak-anak harus memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat. Misalnya anak berumur 4 tahun masih membutuhkan waktu untuk tidur siang.
 
"Anak masih perlu tidur siang, itu juga penting buat menghabiskan waktu di rumah," tutupnya.

AYO BACA : Hadapi Covid-19, Pepen Minta Warga Kota Bekasi Bantu Tim Medis

  Tags Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar