Yamaha

Klaim Pemerintah: 27.000 Orang di 186 Wilayah Sudah Jalani Tes PCR

  Senin, 13 April 2020   Khoirur Rozi
Ilustrasi penanganan pasien COVID-19. (detik.com/Antara Foto)

JAKARTA, AYOJAKARTA.COM -- Pemerintah sudah melakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk mendeteksi COVID-19 terhadap 27.000 orang. Tes ini dilakukan di 186 kabupaten dan kota di Indonesia.

"27.000 penduduk yang kita periksa untuk PCR real time dari 186 kabupaten dan kota yang terindikasi ditemukan kasus, lebih dari 70 laboratorium sudah kita aktifkan di seluruh Indonesia," kata Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, di Graha BNPB, Jakarta Timur, Senin (13/4/2020).

Yuri mengklaim tes PCR sudah dilakukan merata di seluruh wilayah di Indonesia. Menurutnya, ini sebagai kesungguhan pemerintah dalam menangani COVID-19.

Tes metode PCR ini disebut-sebut lebih akurat dari rapid test. Orang yang sudah menjalani rapid test perlu menjalani pemeriksaan lanjutan, yaitu pemeriksaan swab tenggorok atau hidung. Sampel lendir yang diambil dengan metode swab akan diperiksa menggunakan metode PCR. Hasil pemeriksaan ini dipercaya bisa akurat mendeteksi jika ada virus SARS-COV2 (penyebab COVID-19) di tubuh seseorang.

"Akses untuk layanan pemeriksaan PCR real time sudah lebih merata di seluruh wilayah Tanah Air," tambah Yuri.

Selain itu, sebanyak 800.000 alat pelindung diri (APD) sudah didistribusikan untuk para tenaga kesehatan di berbagai wilayah. Yuri memastikan APD yang disalurkan berkualitas terbaik.

"Kesungguhan pemerintah untuk melindungi tenaga kesehatan yang merawat pasien COVID-19 ini sudah kita wujudkan, salah satunya mengadakan lebih dari 800.000 APD dengan standard medical grade," kata Yuri.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon
   Komentar

Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pribadi seperti diatur dalam UU ITE

Komentar